Lebih Mengenal Kota Tua Jakarta: Harga Tiket, Lokasi, Wisata

5 min read

Wisata Kota Tua Jakarta

Kota Jakarta memiliki banyak sekali objek wisata alami, wisata buatan, dan wisata yang bersejarah. Salah satunya tempat wisata yang ada di Jakarta adalah Wisata Kota Tua di Jakarta. Kota Tua Jakarta merupakan sejarah yang tidak akan membuat Kamu bosan ketika mengunjunginya.

Objek wisata Kota Tua Jakarta ini sangat kental dengan suasana kota Jakarta di masa lalu. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang setiap harinya, baik itu pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pada awalnya, Kota Tua Jakarta dibangun oleh Kolonial Belanda sebagai pusat perdagangan. Jakarta ini dulu disebut dengan Batavia dan menjadi pusat perdagangan Internasional, ini karena Batavia berada di jalur pelayaran Internasional sehingga sangat strategis.

Seperti apa keasyikan tempat wisata yang satu ini ? Simak ulasan Aircraft Spotting berikut ini :

Sejarah Kota Tua Jakarta

Dulu ada sebuah kerjaan Sunda yang dibangun pada tahun 932 M dan 15570 M. Di abad ke 14 kerjaan Sunda tersebut menetapkan Ibu Kota Kerjaan di Pakuan Pajajaran. Di situ ada dua pelabuhan yang berada di daerah Banten dan Kalapa.

Kemudian pada tahun 1526, Fatahilah menyerang pelabuhan Sunda Kelapa. Kawasan tersebut kemudian berubah menjadi Jayakarta di tahun 1527. Setelah itu pada tahun 1619 Jayakarta diserang oleh VOC dari Belanda.

Penyerangan ini dipimpin oleh Jan Pieters Zoon Coen dan akhirnya Jayakarta jatuh pada tahun 1620. Setelah itu Belanda membangun kota baru yang bernama Batavia sebagai pusat kota, kota ini berada di dekat sungai Ciliwung.

Nah karena lasan inilah orang Batavia juga sering disebut orang Betawi, karena mereka memiliki darah campuran dengan pribumi. Kemudian di tahun 1635 Batavia memperluas wilayahnya sampai ke Jayakarta yang telah hancur sebelumnya.

Sampai akhirnya pada pendudukan Jepang di tahun 1942, Kota Batavia diubah namanya menjadi kota Jakarta. Dan Kota Jakarta ini sendiri dijadikan sebagai Ibu Kota Indonesia sampai tahun kemarin.

Gubernur Jakarta tahun 1972, yaitu Ali Sadikin mengeluarkan keputusan untuk menjadikan Kota Tua Jakarta menjadi situs bersejarah. Hal ini dilakukan untuk melestarikan dan melindungi keaslian arsitektur pada daerah tersebut.

Objek Wisata Kota Tua Jakarta

Ada banyak objek wisata yang bisa Kamu kunjungi di Kota Tua Jakarta. Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa Kamu kunjungi.

1. Museum Fatahillah

museum fatahilah kota tua jakarta
source : IG @ky.kale

Museum ini merupakan salah satu Museum Kota Tua Jakarta yang menyimpan banyak sekali sejarah. Di museum ini dulu VOC memenjarakan berbagai tokoh perjuangan Indonesia seperti Pangeran Diponegoro.

Dulunya museum ini bernama Museum Batavia, selain itu dulu tempat ini juga digunakan sebagai tempat pengadilan dan balai kota.

Jika Kamu ingin masuk dan melihat secara langsung bukti-bukti sejarah yang ada di museum ini Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 2000 saja, sangat murah bukan?

Selain itu di sini juga kadang diadakan festival Kota Tua Jakarta. Berbagai acara dan atraksi kesenian akan ditampilkan pada festival ini.

2. Stasiun Jakarta Kota

staisun jakarta kota
source : IG @stasiun_jakarta_

Stasiun ini merupakan tempat pemberhentian terakhir jika Kamu menggunakan Kereta Api ke kawasan Kota Tua. Yang membuat stasiun ini menarik adalah arsitekturnya yang klasik, mirip seperti bangunan Eropa zaman dulu.

Model arsitektur bangunan pada stasiun ini sengaja tidak diubah karena stasiun ini termasuk dalam salah satu peninggalan di kawasan Kota Tua Jakarta. Stasiun Jakarta Kota merupakan peninggalan VOC yang katanya sudah ada sejak tahun 1929.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
source : IG @verena.de

Di Museum ini Kamu bisa berfoto di depan bangunan yang bergaya khas negara Belanda, selain itu disini Kamu juga bisa belajar banyak tentang sejarah bank yang ada di Indonesia. Bangunan ini merupakan bekas gedung De Javasche Bank yang sudah ada sejak 1028.

Untuk bisa masuk dan melihat bukti-bukti sejarah yang ada di museum ini tidak perlu membayar mahal. Kamu cukup menyiapkan uang Rp. 5000 saja untuk membeli tiket masuknya.

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa
source : IG @saenphotography

Pelabuhan yang berada di Sunda Kelapa ini dulunya adalah tempat untuk kapal-kapal asing singgah, selain itu pelabuhan ini juga menjadi penghubung antara Indonesia dengan negara luar.

Para pedagang dari dalam dan luar negeri menggunakan pelabuhan ini untuk melakukan perjalanan bisnis. Sampai sekarang Pelabuhan Sunda Kelapa masih digunakan, meski hanya disinggahi kapal-kapal pinishi saja.

Untuk bisa masuk ke pelabuhan ini Kamu harus membeli karcis yang harganya Rp. 2.500/orang. Harga ini tentu sangat murah dan kita sudah bisa menikmati sejarah yang ada.

5. Museum Bahari

Museum Bahari
source : IG @f.bvandra

Museum ini terletak di depan Pelabuhan Sunda Kelapa, jadi Kamu bisa mengunjunginya setelah puas melihat-lihat Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sesuai dengan namanya, di museum ini Kamu bisa melihat berbagai biota laut yang sudah diawetkan. Kamu juga bisa melihat informasi tentang persebaran ikan yang ada di Indonesia, jadi museum ini akan sangat menambah pengetahuan Kamu.

Selain itu di museum ini Kamu juga bisa melihat berbagai jenis perahu yang digunakan VOC dulu. Jadi tempat ini sangat cocok bagi Kamu yang sangat menyukai kehidupan bahari.

6. Museum Wayang

museum wayang jakarta
source : IG @wielin86

Berbeda dengan Museum Bahari, di museum yang satu ini Kamu bisa melihat berbagai bentuk wayang. Di sini terdapat wayang yang berasal dari Indonesia, bahkan karya seni dari negara lain seperti Kamboja, Thailand, dan China.

Museum Wayang dibanung pada tahun 1640 dan digunakan sebagai tempat penyimpanan koleksi dari berbagai jenis wayang. Di museum ini Kamu juga bisa melihat pertunjukan wayang jika beruntung, jadwal pertunjukan biasanya diadakan setiap bulan di minggu ke 3.

7. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik
source : IG @antoni.united

Museum selanjutnya yang bisa Kamu kunjungi di Kota Tua Jakarta adalah Museum Seni Rupa dan Keramik. Di museum ini Kamu bisa melihat 1.350 jenis keramik dan lebih dari 350 lukisan yang bisa Kamu nikmati keindahannya.

Yang menariknya lagi adalah terdapat beberapa keramik peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang masih terjaga di museum ini. Selain bisa melihat dan berfoto-foto, Kamu juga bisa membeli beberapa souvenir khas dari Kota Tua Jakarta di museum seni ini.

8. Toko Merah

toko merah wisata kota tua jakarta
source : IG @medinasari

Tempat wisata yang bisa Kamu kunjungi selanjutnya di Kota Tua Jakarta adalah Toko Merah. Bangunan ini memiliki bentuk klasik dengan bercat merah menjadi tempat yang unik dan banyak orang berfoto-foto di sini.

Meski tidak seramai bangunan yang lain karena tempat ini jarang dibuka, namun bangunan ini memiliki unsur magis yang bisa membuat penasaran dan menjadikan bangunan ini sebagai latar foto.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1730, dulunya bangunan ini digunakan untuk kantor Dinas Kesehatan Jepang. Namun sekarang tempat ini sering digunakan untuk konferensi atau sebagai tempat pameran.

9. Museum 3D

museum 3D kota tua
source : IG @david.rais

Selain museum-museum yang bersejarah, ada juga Museum 3D di Kota Tua Jakarta. Di tempat ini Kamu bisa menyempurnakan hobi fotografi Kamu. Karena di museum ini ada lukisan 3 dimensi dengan berbagai tema seperti petualangan, tema laut, sampai dengan dunia dinosaurus.

Berfoto dengan lukisan-lukisan 3D ini tentu sangat menarik dan membuat hasil foto jadi makin keren. Museum 3D Kota ini adalah wahana yang baru dirilis pada tahun 2018.

10. Kali Besar

kali besar kota tua
source : IG @dontakepict

Objek wisata yang satu ini letaknya tidak jauh dari Toko Merah yang cukup populer di Kota Tua. Tempat yang satu ini belum lama ini direvitalisasi menjadi kawasan publik terbuka, jadi Kamu bisa mengunjunginya.

Fasilitas Kota Tua Jakarta

Untuk fasilitas yang ada tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, berikut adalah beberapa fasilitas di Kota Tua Jakarta:

  • Tempat Parkir
  • Tempat ibadah
  • Toilet
  • Toko Souvenir
  • Kuliner.

Lokasi Kota Tua Jakarta

Alamat Kota Tua Jakarta cukup strategis dan bisa Kamu tempuh hanya dengan 17 menit saja jika berkendara dari pusat Kota Jakarta. Kota Tua Jakarta beralamat di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Peta LokasiKLIK DISINI

Jam Operasional

Tempat wisata Kota Tua Jakarta bisa Kamu kunjungi kapanpun, namun untuk objek wisata yang ada di dalamnya berbeda. Beberapa objek wisata di Kota Tua Jakarta hari ini memiliki jam operasional sebagai berikut:

Museum FatahilahSetiap Hari09.00 – 15.00 WIB
Pelabuhan Sunda KelapaSetiap Hari24 jam
Museum Bank IndonesiaSenin – Jumat08.30 – 14.30 WIB
Museum Seni RupaSelasa – Jumat09.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Kota Tua Jakarta tidak memerlukan biaya sepeserpun, namun untuk memasuki beberapa objek wisata yang ada di dalamnya Kamu akan dikenakan biaya yang berbeda-beda.

Namun Kamu tidak perlu khawatir karena biaya masuk ke beberapa objek wisata juga tidak terlalu mahal, berikut adalah harga tiket masuk ke beberapa objek wisata Kota Tua:

Museum FatahilahRp 2000
Pelabuhan Sunda KelapaRp 2500
Museum Bank IndonesiaGratis
Museum Seni RupaRp 1000
Kota Tua JakartaGratis

Tips Berkunjung Kota Tua

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan ketika berkunjung ke Kota Tua Jakarta:

  1. Cek kesehatan sehari sebelum datang ke Kota Tua Jakarta. Pastikan kondisi badan sehat ketika berangkat
  2. Siapkan perbekalan secukupnya, sebaiknya bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja seperti alat komunikasi, uang, dan lain sebagainya
  3. Datanglah di hari kerja ata weekday, karena pada hari lilbur atau weekend tempat ini sangat ramai
  4. Jika Kamu datang di hari libur, maka sebaiknya datang di pagi hari
  5. Jaga barang bawaan Kamu supaya tidak kecopetan
  6. Pakailah pakaian yang nyaman
  7. Sebaiknya bawa payung atau gunakan topi untuk melindungi kulit dari panas matahari.
  8. Pakai tabir surya supaya kulitu terjaga dari paparan sinar matahari.

Hotel Dekat Kota Tua Jakarta

Supaya lebih puas ketika menikmati wisata yang ada di Kota Tua, tidak ada salahnya jika Kamu menginap beberapa hari di sekitar lokasi ini. Untuk keperluan menginap ini Kamu bisa menyewa kamar di beberapa hotel terdekat.

Ada beberapa hotel terdekat yang bisa Kamu gunakan seperti Hotel Ibis, Hotel Holiday Inn Express, Le Grandeur Hotel, Mercure Jakarta Batavia, dan Hotel Bobobox Kota Tua. Hotel-hotel ini merupakan hotel yang menyediakan kamar dengan fasilitas yang sudah memadai.

Kamu bisa menyewa kamar dengan biaya sekitar Rp. 300 ribu sampai Rp. 800 ribu untuk satu malam.

Nah itulah review tentang Kota Tua Jakarta yang bisa menjadi tempat wisata bersama teman dan keluarga di Kota Jakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat tersebut, selain berwisata Kamu juga bisa belajar tentang sejarah yang ada.

Jika Kamu ingin mendapat suasana yang enak, maka Kamu bisa coba datang di malam hari. Karena Kota Tua Jakarta malam hari memiliki suasana yang syahdu dan memiliki keindahan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *