30 Makanan Khas Jogja yang Tak Tergilas Waktu

8 min read

Makanan Khas Jogja

Memasuki kuartal pertama di 2021 ini, bolehlah Kamu itu menengok sedikit kebelakang soal kuliner. Jogja sebagai salah satu peradaban tertua di bumi Nusantara ini, menyimpan puluhan makanan tradisional yang mana wajib Kamu cicipi. Makanan khas Jogja tentu tak harus gudeg, tapi gudeg pasti makanan khas Jogja.

Jadi, makanan khas Jogja apa saja yang tidak boleh dilewatkan jika sudah sampai di Kota Pelajar ini? Yuk simak selengkapnya informasi Aircraft Spotting di bawah ini.

1. Cenil Netflix

Kalau Kamu bertanya “apakah ada makanan khas Jogja selain gudeg?” Maka biar cenil ini yang menjawab. Sebenarnya, cenil ini adalah cenil legend mbah Satinem. Namun, karena viral berkat Netflix street food, membuat orang-orang mengenalnya dengan nama cenil Netflix. Tak cuma di Jogja makanan ini melanglang buana sampai ke luar negeri, namanya dikenal bak pemegang medali emas olimpiade.

Menu yang dihadirkan tentu tak hanya sebuah cenil biasa, namun juga ada lupis, brondong jagung yang diberi topping gula Jawa cair ditambah kepala putih nan gurih. Kalau kata bapak “mana ada cenil seperti ini lagi?” Saking melegendanya cenil ini diburu oleh wisatawan lokal sekaligus internasional.

Harganya hanya berkisar Rp.10.000-15.000 rupiah, kalau pakai e-commerce ya jadi Rp14.999 kala promo 12.12. jam bukanya tak tentu, biasanya mulai buka pukul 6 tapi kalau Kamu beruntung jam 9 Kamu masih akan dapat membelinya.

Berada di perbatasan antara Jl.Bumijo dan Jl.diponegoro, tepatnya di depan ruko pertigaan jalan Bumijo. Tak hanya cenil Kamu juga bisa membeli Gatot, tiwul dan juga lupis disini. Daripada penasaran langsung saja menuju ke lokasi.

2. Bakpia Kencana

Kalau Kamu sedang mencari oleh-oleh makanan khas Jogja maka bakpia Kencana merupakan salah satu alternatif yang Kamu bisa dapatkan. Terletak di Pondok Cabe Resto, Jl HOS Cokroaminoto No.16 Pakuncen Yogyakarta, bakpia ini menjadi salah satu primadona bakpia yang diminati oleh para wisatawan.

bakpia kencana
source : IG @bakpiakencana

Kalau kata orang “makanan khas Jogja bakpia”, memang benar adanya. Sebab rasanya Kamu belumlah ke Jogja kalau belum pulang membawa bakpia sebagai oleh-oleh. Jadi rasanya Kamu harus banget take away bakpia kencana sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga.

Untuk satu kotak bakpia harganya adalah 47.000 rupiah. Tentu itu tergolong murah untuk sebuah bakpia. Buka pukul 10 dan tutup pukul 8 malam, bakpia ini laris manis. Biasanya bakpia Kencana sangat cocok dinikmati bersama dengan kopi ataupun teh.

3. Ayam geprek Bu Rum

ayam geprek bu rum
source : IG @eatandtreats

Makanan khas Jogja selain gudeg yang sangat direkomendasikan adalah ayam geprek Bu Rum. Memiliki banyak cabang, ayam geprek ini memang ramah di kantong mahasiswa. Buka pukul 9 sampai pukul 21.00, ayam geprek Bu Rum tak pernah sepi.

Beralamat di Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta yang mana dekat dengan kampus membuat ayam geprek ini tumbuh menjadi cerita lain bagi mahasiswa. Harganya juga murah hanya sekitar Rp.15.000 per porsinya, ayam ini memberikan cita rasa yang cantik plus pedas yang menggigit.

4. SOP Kambing Panti Rapih

makanan khas jogja sop kambing
source : IG @nonie_elisabeth

Karena berada di depan rumah sakit panti rapih, SOP kambing ini lebih dikenal dengan SOP kambing Panti Rapih. Harga mulai dari Rp 30.000 rupiah membuat SOP kambing ini masih terjangkau para wisatawan. Buka pukul 13.00 hingga pukul 23.00, biasanya SOP kambing Panti Rapih habis sebelum waktunya tutup.Kebayang dong bagaimana larisnya tempat ini?

5. Tempo Gelato

tempo gelato
source : IG @mabarkuyyy

Salah satu gelato terkenal adalah tempo gelato. Buka mulai pukul 10 dan tutup pada pukul 9 malam, tempo gelato dapat dibilang tidak pernah sepi. Harga yang ditawarkan adalah Rp15.000 untuk kap kecil dan Rp25.000 untuk ukuran besar. Beralamat di jalan Kaliurang Km 5.5, gelato ini ga akan pernah mengkhianati deh rasanya!

6. Tengkleng Gajah

tengkleng gajah
source : IG @foodnotestories

Salah satu makanan khas Jogja lainnya adalah tengkleng gajah. Tengkleng yang satu ini disebut dengan gajah karena ukurannya yang terkenal cukup besar. Beralamat di Jl. Kaliurang km 8, harga dari tengkel juga murah hanya sekitar 35.000 rupiah. Kalau Kamu ini kesana pasti kan Kamu datang sebelum jam jam 10 malam karena warung ini tutup pukul 10 malam.

7. Sate pak Pong

makanan khas jogja sate pak pong
source : IG @spicyfoodid

Sate klathak pak pong adalah sate yang paling terkenal sebagai makanan khas Jogja yang enak. Buka pukul 10 dan tutup pada pukul jam 9 malam, sate ini haruslah masuk ke dalam daftar kuliner Kamu. Dari frasa serta tingkat keempukan dagingnya benar-benar tidak terkalahkan. Meski terletak cukup jauh di jalan Imogiri timur, Kamu tetap harus antri kalau mau mencoba sate tersebut.

8. Walang Goreng

walang goreng
source : IG @gembulfoodie

Makanan khas Jogja selain bakpia, tentu adalah belalang goreng. Kalau Kamu belum pernah mencicipi walang goreng maka Kamu belum pernah mencoba sensasi makan udang tapi bukan udang. Walang ini bisa Kamu temukan di daerah Gunung Kidul yang mana sering menjajakan walang goreng. Memang bagi yang belum pernah pasti akan berpikir 2-3 kali namun bagi yang sudah itu adalah makanan yang enak kok!

Dikarenakan keunikannya, walang goreng dapat digolongkan sebagai makanan khas Jogja oleh-oleh dari Gunung Kidul yang unik serta hampir pasti Kamu belum pernah mencicipinya. Sebab, seperti yang diketahui makanan ini punya bahan dasar yang cukup sulit ditemukan di perkotaan.

Harganya hanyalah Rp18.000 per toples. Tapi tidak seluruh Jogja menjual jenis makanan ini kebanyakan walang goreng hanya dijual di daerah gunung kidul saja. Jadi sekalian Kamu pergi ke pantai Kamu bisa makan walang goreng sebagai cemilan.

9. Lotek Bu Bagyo

lotek bu bagyo jogja
source : IG @gembulfoodie

Lotek Bu Bagyo sudah dikenal sebagai salah satu makanan khas Jogja. Buka pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 8 malam, Lotte ini sukses menghipnotis para pengunjungnya untuk terus datang ke sana. Bakwan pada lotek ini merupakan salah satu kondimen yang menjadi candu bagi para penikmat lotek.

Berada di jalan Sagan, lotek ini sangat laris. di sini tidak hanya menjual lotek tapi juga ada gado-gado dan beberapa makanan lainnya. Harganya cukup murah yaitu hanya sekitar Rp15.000 per porsi. Selain enak Kamu juga akan dijamin kenyang setelah makan lotek ini.

10. Jadah Tempe Bacem

jadah tempe bacem
source : IG @oleholehjogja.online

Kalau makanan yang satu ini akan Kamu temukan di sepanjang jalan Kaliurang bagian atas. makanan ini merupakan salah satu makanan khas Jogja yang memang sudah terkenal sejak dulu. Harga yang ditawarkan juga cukup murah yakni hanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja. Rasa gurih tempe bacem ditambah dengan rasa khas jadah, membuat makanan ini menjadi kombinasi yang pas untuk menemani pagi.

11. Gudeg Haji Ahmad

makanan khas jogja gudeng
source : IG @makanbiarsenang

Buka di jalan selokan Mataram, gudeg hj Ahmad sangat terkenal bahkan sampai ke luar daerah. Salah satu hal yang membuat gudeg ini begitu diminati adalah gudegnya begitu empuk dan rasanya yang tentu saja tak perlu diragukan. Buka pukul 07.00-18.00, biasanya gudeg ini sudah habis saat tengah hari tiba.

Sudah dianggap sakral sebagai salah satu makanan khas Jogja gudeg haji ahmad, selalu menawarkan krecek kualitas terbaik. Yang jelas gudeg ini memang punya kualitas serta tak hanya sekedar romantisasi ala kota Yogya saja.

12. Sate Kere

sate kere
source : IG @dyodoran

Apabila Kamu sedang pergi ke Malioboro Kamu bisa menemukan sate yang berisikan lemak saja. Sate ini dikenal dengan sebutan sate kere. Selain rasanya yang unik dan khas, sate ini juga sangat murah. Harganya cuma sekitar 5.000-10.000 rupiah saja. Kamu bisa temukan penjual nya di sekitaran Pasar Beringharjo.

Makanan khas Jogja adalah gudeg, dan memang sudah terlalu lekat untuk dipisahkan, namun sate yang satu ini punya warna tersendiri yang membuat Kamu bergumam “tak mungkin ada sate seperti ini di kota lain” yah benar. Meski namanya sate kere, sate ini sebenarnya terlalu kaya untuk dijelaskan cita rasanya.

13. Brongkos

makanan khas jogja brongkos
source : IG @ny.rempong

Salah satu makanan khas Jogja lainya yang pasti membuat Kamu ngiler adalah brongkos. Terbuat dari daging dan bumbu rempah pilihan, masakan ini sangat digemari di kalangan muda maupun tua. Harganya juga tak terlalu mahal hanya sekitar 25.000 rupiah.

Kamu bisa temukan penjual brongkos di daerah ugm dan juga di sekitaran malioboro. Tentunya penjual brongkos tidaklah sulit ditemukan. Brongkos akan sangat nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat beserta semur telur.

14. Nasi Goreng Kalkun

nasi goreng kalkun
source : IG @voilajogja

Nasi goreng ini memang tak biasa. Kamu bisa menemukannya di resto koki joni Jogja. Beralamat di jalan kaliurang km 4, nasgor kalkun menjadi favorit mahasiswa dan para wisatawan. Harganya juga tak mahal yaitu hanya sekitar 17.000 rupiah. Disini Kamu akan menikmati nasi goreng dengan kaldu kalkun yang mana akan sangat nikmat di lidah.

15. Oseng Mercon

oseng mercon
source : IG @kevoodie

Jika Kamu tengah berada di sekitar terminal Concat maka wajib hukumnya Kamu mencoba oseng mercon. Oseng ini akan memberi sensasi pedas yang tak biasa. Meski Kamu doyan pedas hmmm, belum tentu Kamu sanggup! Harga untuk seporsi oseng adalah 18.000 rupiah (tergantung isian). Kalau Kamu ingin berkunjung datanglah setelah buka yaitu pukul 18.00.

16. Sate Kelinci

sate kelinci
source : IG @gw_antin

Sate berikut ini merupakan sate dari salah satu hewan lucu, yang imut. Tapi jangan salah rasanya manis dan lezat. Kamu bisa menemukan sate kelinci pada malam hari di daerah kaliurang. Harganya hanya sekitar 18.000 rupiah. Murah sekaligus memiliki berbagai manfaat, bahkan konon sate ini akan membantu Kamu untuk lekas mendapatkan keturunan loh.

17. Gatot Gunung Kidul

makanan khas jogja gatot gunung kidul
source : IG @cykarayahotel

Kalau Kamu pergi ke gunung kidul, Kamu harus banget mencoba yang namanya Gatot. Tapi, gatot ini bukan Mas Gatot lho ya! Tapi merupakan makanan yang berasal dari singkong. Ciri khas gatot yang nikmat adalah teksturnya lembut. Harga seporsi gatot adalah 10-15 ribu rupiah saja. Selain murah makanan ini juga sangat terkenal di daerah Jogja.

18. Keripik Belut

kripik belut godean
source : IG @kripikbelut_aurel

Di sekitaran pasar godean Kamu akan menemukan penjual keripik belut yang memang sudah jadi legenda di sekitar Jogja. Di sini, selain kripiknya nikmat Kamu juga akan merasakan wangi daun jeruk yang mana ada dalam setiap gigitan. Harga yang diberikan juga tak mahal yakni hanya 15 ribu rupiah saja untuk sebungkus keripik belut.

19. Chiffon Cake

chiffon cake jogja
source : IG @koee.yogya

Salah satu yang terkenal di Jogja adalah chiffon cake. Dapat dibilang ini merupakan salah satu makanan khas Jogja oleh-oleh yang khususnya buat Kamu para pecinta cake. Kamu bisa temukan chiffon cake Jogja ini di Jalan Veteran, Gang Manunggal UH 5, No.635 Kebrokan, Yogyakarta. Harga yang diberikan sekitar 50.000 rupiah untuk setiap kotak.

20. Kicak

kicak
source : IG @iqbal_kautsar

Ketika ramadhan tiba, Kamu akan menemui sebuah jajanan yang jarang Kamu lihat. Kicak merupakan campuran dari tiwul ditambah kelapa parut dan gula merah. Rasa manis serta gurih yang hadir pada kicak memberikan sentuhan unik. Harganya juga tak mahal yakni hanya sekitar 5.000 rupiah saja. Tapi, kalau tidak sedang bulan ramadhan akan sulit menemukan kicak di daerah kota.

21. Kipo

makanan khas jogja kipo
source : IG @birotapemsetdadiy

Nama kipo memang terdengar seperti nama kucing aku, tapi ternyata bukan. Ini adalah makanan khas Jogja yang dibuat dari tepung beras ketan. Legit rasa dari kipo membuat Kamu akan ketagihan, tapi jangan terlalu banyak ya, soalnya kipo ini manis. harga dari makanan ini juga tak mahal hanya sekitar 10.000 rupiah per bungkusnya.

22. Bubur Ayam Panti Rapih

bubur ayam
source : IG @tumbarmerica

Bisa dibilang, rasa bubur ayam yang satu ini seperti sebuah keajaiban. Bukan sekadar omong kosong lho, karena memang ada banyak sekali orang yang akan kembali lagi ke sini setelah menyantapnya pertama kali. Harganya murah hanya sekitar 15.000 rupiah saja. Terletak di sebelah utara RS. Panti Rapih, bubur ayam ini benar-benar harus Kamu coba sendiri.

23. Soto Kadipiro

soto kadipiro
source : IG @surabayafoodies

Kalau Kamu suka soto, maka soto kadipiro ini akan cocok untukmu, rasanya yang menyegarkan namun juga gurih membuat soto kadipiro sangat terkenal di dunia internasional. Beralamat di Jl. Wates No. 45, Yogyakarta, warung soto kadipiro sudah terkenal sejak 100 tahun yang lalu. Harga dari soto ini adalah 18.000 rupiah per porsinya.

24. Soto Batok

makanan khas jogja soto batok
source : IG @voilajogja

Perbedaan soto yang satu ini dengan soto lain adalah cara penyajiannya. Disajikan menggunakan batok kelapa, membuat soto ini unik. Porsi yang diberikan juga cukup banyak, tapi aku yakin Kamu pasti akan menambah kok. Harga dari foto ini adalah 8.000 rupiah setiap mangkoknya. Soto ini buka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 4 sore.

25. Soto CIMB

Tempat makanan khas Jogja yang satu adalah depan gedung CIMB Niaga Kota Baru, soto pak yanto ini sering kali disebut sebagai soto cimb. Rasanya tidak usah ditanya, hampir tidak ada kata yang layak menggambarkannya. Harga untuk seporsi soto ini adalah 18.000 rupiah, di sana Kamu juga dapat menemukan sayap rebus yang mana dijadikan pelengkap soto pak Yanto.

26. Soto Ijo

soto ijo
source : IG @cahyooye

Salah satu soto yang layak dikunjungi di JL.monjali adalah soto ijo. Selain soto ini punya cita rasa unik, Kamu juga akan mendapatkan makanan tambahan seperti bergedel, tempe dan juga sate yang bermacam-macam disini. Harganya juga murah hanya 10.000 rupiah saja. Pokoknya soto ini cocok banget buat Kamu yang sedang hemat tapi ingin makan enak.

27. Soto Pak Dalbe

soto pak dalbe
source : IG @jogjabikinlaper

Soto yang punya banyak cabang apalagi di sekitar kampus ugm. Hal yang membuat soto ini terkenal adalah banyaknya sayuran seperti kubis-tomat dan wortel pada sotonya. Harga dari soto pak dalbe adalah 10.000 rupiah. Tapi kalau Kamu kesini, Kamu harus mencoba tempe gorengnya yang sangat crispy.

28. Nasi Kuning Kindai

nasi kuning kindai
source : IG @kukulineran

Resto kindai berada di daerah seturan dekat dengan jembatan merah. Kalau Kamu kesini Kamu wajib pesan nasi kuning dengan topping kari ayam. Harga dari seporsi nasi kuning adalah 20.000 rupiah, tapi tenang dengan harga tersebut Kamu sudah mendapatkan toping gratis sekaligus telur gulung.

29. Gudeg Bu Bromo

makanan khas jogja gudeng bromo
source : IG @jogjafoodhunter

Untuk gudeg yang satu ini, Kamu bisa mulai membelinya pukul 10 malam. Biasanya gudeg bu bromo akan sangat ramai bahkan sebelum buka, harganya tentu tergantung pesanan Kamu, tapi untuk paket basic adalah 25.000 rupiah. Alamatnya ada di Jl. Affandi (Gejayan) No. 2C Mrican Yogyakarta.

Dengan harga Rp. 25.000 saja, Kamu sudah bisa mencicipi makanan khas Jogja yang enak. Bahkan mungkin merupakan salah satu gudeg terenak yang pernah Kamu coba. Jadi, Kamu harap maklum jika antriannya cukup panjang yah.

30. Geplak

geplak jogja
source : IG @voilajogja

Kalau oleh-oleh yang satu ini merupakan barang wajib buat Kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Terbuat dari kepala warna-warni yang sangat manis, makanan ini sudah jadi oleh-oleh wajib kalau pergi ke Jogja. Harga dari geplak hanyalah sekitar 20.000 rupiah per kotaknya.

Nah, itu tadi 30 makanan khas Jogja yang bisa Kamu segera cicipi. Kalau Kamu sedang berada di Jogja saat ini, Kamu bisa langsung saja menuju ke lokasi tersebut. Oh iya, jangan lupa pakai masker dan jaga jarak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *