Liburan Plus Belajar ? Museum Gunung Merapi Yogyakarta Menanti Kamu

3 min read

Museum Gunung MErapi

Museum Gunung Merapi Jogja adalah salah satu museum yang berisi sejarah tentang gunung merapi. Segala aktivitas yang ada hubungannya dengan gunung Merapi tersimpan rapi di tempat ini.

Museum yang satu ini memang sangat tepat jika dijadikan sebagai obyek wisata guna mengisi liburan Kamu bersama dengan keluarga tercinta.

Secara resmi museum ini dibuka pada 1 Oktober 2009 lalu dan disahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yakni Purnomo Yusgiantoro. Museum yang sengaja dibuka untuk keperluan sarana pendidikan ini memiliki semboyan Merapi Jendela Bumi.

Selain dijadikan sebagai sarana edukasi, Museum Gunung Merapi juga bisa dijadikan media yang tepat agar masyarakat semakin sadar serta waspada terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Dengan begitu, segala aktivitas yang bisa merusak alam bisa diminimalisir dengan sendirinya.

koleksi museum gunung merapi jogja
source : IG @jnr.pattihena

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Museum Gunung Merapi Yogyakarta ini berisi segala hal yang berhubungan dengan salah satu gunung yang ada di Sleman ini. misalnya saja seperti foto, video serta alat-alat pemantau yang digunakan.

Alat-alat koleksi Museum Gunung Merapi terbilang lengkap mulai dari seismograf, radio dan bahkan juga tidak ketinggalan seperangkat komputernya.

Isi Museum Gunung Merapi memang sangat berguna untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan tentang gunung ini. Dengan berkunjung kesini, Kamu akan mengetahui lebih banyak tentang pengetahuan yang beredar terkait gunung merapi.

Bagaimana info selengkapnya ? SImak ulasan Aircraft Spotting berikut ini :

lokasi museum gunung merapi jogja
source : IG @wijayantowongsodipuro

Sejarah Museum Gunung Merapi

Bagi Kamu yang berencana menuju ke Museum Gunung Merapi ini, tidak ada salahnya kan jika mengetahui tentang sejarah bangunan ini lebih dulu.

Bangunan yang berdiri kokoh diatas lahan 3,5 hektar dan luas kesleuruhan mencapai 4470 meter persegi. Adapun yang berjasa dalam pembangunan gedung ini yakni Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen ESDM serta Badan Geologi.

Dimulainya pembangunan gedung ini tentunya sudah mendapat izin dari pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah terkait.

Review Museum Gunung Merapi jika dilihat dari bentuk bangunannya pun terbilang cukup unik yaitu bagian atapnya mengerucut menyerupai gunung. Hal ini tidak lepas dari budaya serta adat istiadat warga setempat.

sejarah museum gunung merapi jogja
source : IG @arif.kresnoaji

Lokasi Museum Gunung Merapi

Alamat Museum Gunung Merapi yang digunakan sebagai wadah informasi tentang gunung berapian ini tepatnya di Jalan Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, pakem, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi, ketika Kamu melewati Jalan kaliurang maka pasti Kamu akan dengan mudah menemukan keberadaan museum ini.

Rute menuju lokasi lumayan terjangkau kok gengs, dan tentunya tergolong layak dilewati.

Jika Kamu memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta 0 kilometer maka selanjutnya Kamu bisa mengambil jalur ke arah barat yakni melewati Jalan KH Ahmad Dahlan menuju ke perempatan.

Setelah itu, terus saja ke arah utara yakni Jalan Letjen Suprapto hingga sampai di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Tentara Pelajar. Apabila sudah sampai disini, Kamu tinggal jalan terus ke Jalan Magelang dan menuju arah timur ke Jalan Selokan Mataram.

Disitu Kamu akan menjumpai perempatan lagi dan pilihlah arah utara ke Jalan Monjali. Kemudian Jalan terus hingga sampai di Jalan Palagan Tentara Pelajar dan di perempatan ambil arah timur melalui Jalan Pakem Turi sampai ke arah utara di Jalan Boyong.

Nah, jika sudah di posisi ini Kamu tinggal jalan terus dan akan menemukan Museum Gunung Merapi.

Alamat Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582
Peta Lokasi KLIK DISINI

Jarak Museum dengan pusat kota memang lumayan jauh yakni sekitar 26,6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 53 menit menggunakan sepeda motor.

Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan ke tempat ini Kamu harus betul-betul mengecek kondisi kendaraan. Pastikan semuanya dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan jalan jarak jauh.

Harga Tiket Masuk

Setelah membaca ulasan diatas, pasti Kamu menjadi semakin penasaran kan untuk berkunjung ke tempat ini ?

isi museum merapi jogja
source : IG @djunuswahyudi

Tenang, tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain karena memang tempatnya yang nyaman, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau loh!

Untuk tarif tiket masuk wisatawan lokal hanya 5 ribu rupiah saja, sementara untuk wisatawan mancanegara yaitu 10 ribu rupiah.

Selain itu, jika Kamu penasaran ingin melihat film atau video terkait Gunung Merapi, bisa banget menuju ke ruang audio visual. Untuk masuk ke ruang ini Kamu akan diminta untuk membayar lagi sebesar 5 ribu rupiah dan 10 rupiah untuk wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Harga yang tergolong murah mengingat wawasan yang akan didapat setelah mengunjungi Museum Gunung Merapi ini.

Oh ya, apabila Kamu ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maka ada tambahan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk Kamu yang mengendarai kendaraan roda empat.

Jenis Tiket Harga
Tiket Wisatawan Lokal Rp 5.000
Tiket WIsata Mancanegara Rp 10.000
Parkir Roda Dua Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Hanya dengan ongkos yang tidak seberapa itu, Kamu sudah tidak perlu khawatir lagi akan keamanan kendaraan Kamu.

Jam Buka Museum Gunung Merapi

Jika Kamu hendak bertandang ke tempat ini hendaknya memperhatikan mengenai jadwal jam buka dan tutupnya ya. Sehingga Kamu tidak kepagian atau kemalaman sampai ke tempat ini.

sayang kan kalau sudah jauh-jauh ternyata saat sampai di tempat ini museum sudah ditutup.

model gunung merapi
source : IG @cttngw

Sekedar informasi saja bahwa museum dibuka setiap hari baik weekend maupun weekday dengan jadwal sebagai berikut :

Hari Jam Operaisonal
Senin – Kamis Pukul 08.00 sampai dengan 15.30 WIB
Jumat Pukul 08.00 hingga 14.30 WIB
Sabtu & Minggu Pukul 08.00 sampai 15.30 WIB.

Nah, kalau sudah mengetahui jadwal buka tutup museum kan Kamu jadi lebih bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan dari rumah dan bisa memperkirakan waktu tempuhnya dengan baik dan terencana.

Sehingga saat Kamu datang bersama anaka-anak, mereka tidak sampai merasa jenuh karena terlalu lama.

Sedangkan rekomendasi waktu terbaik untuk berkunjung bisa disesuaikan dengan keinginan Kamu. Jika Kamu suka akan keramaian maka waktu terbaiknya adalah saat weekend.

Sementara jika Kamu ingin suasana yang lebih sepi agar bisa leluasa melihat setiap benda yang ada maka pilihlah weekday dan pada pagi hari.

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Dengan harga tiket yang terjangkau, Kamu sudah bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

  1. Kamar mandi
  2. Taman
  3. Area parkir
  4. Toko souvenir
  5. Koperasi
  6. Kantin
  7. Permainan ayunan
  8. Ruang audio visual

Fasilitas yang akan membuat Kamu betah dan nyaman berada di sini ya. Jangan lupa untuk menjaga setiap fasilitas yang telah disediakan dan menggunakan seperlunya saja.

review museum gunung merapi
source : IG @djunuswahyudi
koleksi museum gunung merapi
source : IG @djunuswahyudi

Dengan ulasan lengkap mengenai Museum Gunung Merapi di atas apakah sudah bisa membantu Kamu menemukan inspirasi tempat liburan kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *