Super Instagramable dan Berfasilitas Lengkap. Ini Alasan Kamu Harus ke Museum Macan

3 min read

museum macan kebon jeruk Jakarta

Kota Jakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa Kamu kunjungi. Selain tempat wisata yang bertemakan alam seperti taman, pegunungan, curug, dan lain sebagainya. Di Jakarta juga terdapat tempat wisata yang bertemakan budaya dan kesenian.

Salah satu objek wisata yang bisa Kamu kunjungi di Jakarta dengan tema seni dan budaya adalah Museum Macan Modern and Contemporary Art In Nusantara. Museum ini lebih dikenal dengan nama Museum Macan Kebon Jeruk.

Jika Kamu termasuk salah satu pecinta karya seni yang kental akan nilai budaya, maka tempat ini menjadi salah satu tempat yang harus Kamu kunjungi. Apa saja yang menarik dari tempat ini? Simak selengkapnya pada ulsana Aircraft Spotting berikut ini.

Sekilas Tentang Museum Macan

musem macan kebon jeruk jakarta
source : IG @artmanphotostory

Museum Macan merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bukan cuma wisatawan dewasa saja, banyak para millenials yang juga berkunjung ke tempat ini.

Alasannya adalah di Museum Macan Jakarta ada beberapa spot pameran karya seni yang cukup instagramable sebagai tempat foto-foto. Karena itulah tempat ini juga cukup populer di kalangan anak muda.

Acara pameran karya seni biasanya diadakan dalam waktu yang singkat, jadi tidak sepanjang tahun ada. Contohnya pada tahun 2018 kemarin, museum ini mengadakan pameran karya seni buatan seniman Jepang, yaitu Yayoi Kusama hanya selama 5 bulan saja.

Memang seperti inilah tradisi dari Museum Macan. Setelah pameran karya seni dari seorang seniman selesai, maka waktu lain karya seni yang dipamerkan akan diganti dengan karya seni milik seniman yang lain.

Inilah yang membuat karya seni di museum ini selalu fresh dan tidak membuat pengunjungnya bosan. Meski begitu, setelah pameran usai museum ini tidaklah kosong melompong tanpa karya seni. Masih ada ratusan karya seni yang bisa Kamu lihat di tempat ini.

Jumlah karya seni yang tercatat di museum ini tidak kurang dari 800 karya seni. Karya seni tersebut dibuat oleh berbagai seniman kelas dunia. Jadi karya seni yang dipajang di museum ini bukan cuma karya seniman Indonesia saja, setengahnya merupakan ciptaan seniman luar negeri.

Ada beberapa seniman luar negeri yang karyanya bisa Kamu temukan di Museum Macan, diantaranya adalah On Kaware dari Jepang, Yayoi Kusama dari Jepang, Arahmaiani dari Amerika, dan Lee Mingwei dari Taiwan.

Fasilitas Museum Macan

Sebagai sebuah tempat wisata yang terkenal akan pameran karya seninya, Museum Macan tentu menyediakan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap.

Fasilitas yang bisa Kamu gunakan diantaranya adalah tempat ibadah, klinik, tempat penitipan barang, toilet, tempat parkir, coffee shop, dan ruang perawatan bayi.

Selain itu ada juga fasilitas yang memudahkan para pengunjung difabel, yaitu jalur akses untuk kursi roda dan akses kereta bayi jika Kamu ke museum ini membawa anak kecil.

Di Museum ini juga disediakan toko penjualan berbagai barang yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah seperti buku bertema kesenian dan budaya, atau souvenir.

Spot Instagramable di Museum Macan

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa di tempat ini ada banyak tempat yang cocok digunakan untuk berfoto-foto. Berikut ini adalah beberapa wahana atau tempat menarik yang instagramable:

1. Dots Obsession

museum macan dots Obsession
source : IG @mycitytv.id

Spot yang satu ini berisikan karya seni buatan Yayoi Kusama. Karya seni yang ada di sini berupa bola berwarna kuning dengan ukuran yang cukup besar, yang permukaan bolanya dihiasi oleh polkadot hitam. Tempat ini sangat menarik dan cukup unik untuk dijadikan tempat berfoto.

2. My Eternal Soul

My Eternal Soul museum macan
source : IG @hoboclem

Di tempat selanjutnya ini terdapat kurang lebih 500-an karya seni lukis yang dibuat oleh Yayoi Kusama. Lukisan-lukisan yang ada di tempat ini memiliki bercak gambar-gambar yang unik dan sangat cocok dijadikan background foto keren.

3. Infinity Mirrored Room

Infinity Mirrored Room museum macan
source : IG @tokyoluxey

Dari semua spot foto yang ada, Infinity Mirrored Room adalah salah satu yang paling banyak pengunjungnya. Spot foto ini sangat instagenic karena disini Kamu bisa menemukan sebuah ruangan yang gelap dimana dindingnya dipenuhi dengan kaca dan bola yang berwarna-warni.

Cermin dalam ruangan ini diatur sedemikian rupa supaya menghasilkan pantulan yang bola yang menyala dengan jumlah tak terhingga. Foto yang dihasilkan di tempat ini sangat unik dan cantik. Namun para pengunjung hanya diberikan waktu 20 detik di dalam tempat ini.

4. Obliteration Room

Obliteration Room museum macan
source : IG @naomiomaly

Spot foto yang instagramable selanjutnya di Museum Macan adalah Obliteration Room. Tempat ini tidak kalah cantik dengan tempat sebelumnya Infinity Mirrored Room. Dimana di sini Kamu juga bisa berfoto dengan background bercat putih dan beragam hiasan serta stiker warna.

5. The Letter Writing Project

The Letter Writing Project museum macan
source : IG @reindra_89

Berbeda dengan tempat sebelumnya, The Letter Writing Project merupakan karya seni Lee Mingwei yang sangat unik. Di tempat ini Kamu bisa menemukan banyak surat yang ditulis tangan oleh para pengunjung yang katanya akan dikirim ke alamat oleh pihak museum jika pengunjung menginginkannya.

Lokasi Museum Macan

Mungkin Kamu bertanya-tanya dimana Museum Macan berada. Alamat Museum Macan berada di Jl. Perjuangan No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Jika Kamu mengaksesnya dari pusat kota Jakarta, maka Kamu hanya perlu menempuh jarak 15 km atau sekitar 25 menit untuk sampai.

Peta Lokasi KLIK DISINI

Museum Macan di Jakarta ini memiliki akses yang cukup mudah, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika Kamu menggunakan transportasi umum kereta api, maka setelah Kamu sampai di stasiun Palmerah, Kamu bisa lanjut ke museum memakai ojek online.

Jika Kamu ke museum menggunakan Transjakarta, rutenya adalah dari Harmoni ke Lebak Bulus, kemudian turun di halte Busway Kebon Jeruk. Setelah itu Kamu hanya perlu berjalan kurang lebih 300 meter untuk sampai di museum.

Jika masih bingung Kamu bisa menggunakan Google Maps untuk sampai ke Museum Macan ini.

Harga Tiket Museum Macan

Untuk bisa masuk ke tempat ini Kamu harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk Museum Macan cukup mahal, namun ini sebanding dengan apa yang bisa Kamu dapatkan di dalam sana.

Ketika masuk ke Museum Macan, Kamu harus membeli tiket dengan harga berikut :

Tiket Anak Rp 80.000/orang
Tiket Pelajar Rp 90.000/orang
Tiket Dewasa Rp 100.000/orang

Tiket bisa Kamu beli di loket langsung atau bisa juga secara online lewat situs resmi dari Museum Macan yaitu https://www.museummacan.org/. Untuk informasi lebih lanjut Kamu juga bisa hubungi kontak (021) 22121888.

Demikianlah review Museum Macan yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi di atas bisa membantu Kamu sebelum mengunjungi langsung Museum Macan bersama dengan keluarga atau teman Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *