Planetarium Jakarta, Ide Wisata Edukasi Untuk Keluarga

4 min read

planetarium Jakarta

Ingin mengajak keluarga untuk berwisata dengan tema unik terkait benda-benda langit di Jakarta? Nah, jika ya, kamu bisa memilih Planetarium Jakarta sebagai pilihan yang paling tepat. Seperti namanya, benda-benda langit dan perbintangan memang menjadi tema wisata yang ada di Planetarium –dan mungkin belum banyak ditemukan di tempat lain di Indonesia.

Berkunjung ke Planetarium tentu akan sangat mengasyikkan. Selain menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang disediakan, ada nuansa edukasi yang juga didapatkan. Nah, dengan nuansa edukasi ini, tentu kamu bisa mengajak anak-anak untuk lebih mengenal apa itu benda langit dan detail lainnya dengan cara yang lebih menyenangkan dan pasti mereka sukai.

Terlebih, sebagaimana diketahui, anak-anak cenderung penasaran dengan astronomi. Dengan adanya Planetarium, anak-anak dan tentu saja masyarakat umum bisa mendapatkan referensi lain terkait astronomi dengan lebih lengkap.

Seperti apa keasyikan Planetarium di Jakarta ? Simak ulasn Aircraft Spotting berikut ini :

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Pengunjung yang ingin datang dan berwisata di Planetarium Jakarta akan dikenakan tiket untuk menikmati fasilitas yang disediakan. Hal ini dikarenakan Planetarium tentu membutuhkan perawatan untuk menjaga fasilitas dan seluruh bagian wisata senantiasa terjaga dengan baik. Namun, kamu tidak perlu khawatir, harga tiket Planetarium Jakarta ini cenderung cukup murah.

Jika kamu datang bersama rombongan dengan jumlah minimal 100 orang, maka harga tiket yang dibebankan adalah Rp 5.000untuksiswa dan mahasiswa serta Rp 12.000 untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk tiket masuk Planetarium Jakarta individu, anak-anak hingga usia SD dibebankan tiket Rp 5.000, sedangkan anak-anak mulai SMP hingga dewasa dibebankan tiket Rp 12.000.

Manajemen Planetarium juga menyediakan tiket teater. Adapun harga tiket teater untuk siswa atau mahasiswa adalah Rp 7.000, sedangkan untuk masyarakat umum adalah Rp 12.000. Jika dilihat, harga tiket Planetarium Jakarta ini cukup terjangkau, terlebih dengan fasilitas lengkap yang disediakan.

Harga Tiket Masuk Rombongan

Rp. 5000 (Siswa/Mahasiswa)

Rp. 12.000 (Masyarakat Umum)

Harga Tiket Masuk Individu

Rp. 5.000 (Anak-Anak sampai usia SD)

Rp. 12.000 ( SMP – Dewasa)

Harga Tiket Teater

Rp. 7000 (Siswa/Mahasiswa)

Rp. 12.000 (Masyarakat Umum)

Wahana dan Daya Tarik Planetarium Jakarta

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak wahana dan atraksi yang menarik tentang dunia perbintangan di Planetarium Jakarta yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Tentu saja, wahana-wahana yang ada ditampilkan dengan cukup atraktif sehingga terkesan sangat menarik dan tidak membosankan.

Adapun beberapa wahana dan daya tarik yang ada di tempat wisata ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teater Bintang

teater bintang planetarium jakarta
source : IG @jakarta_tourism

Teater Bintang menjadi salah satu wahana yang paling diminati oleh pengunjung. Di dalam wahana ini terdapat ruang yang cukup luas dengan kursi berderet layaknya sebuah ruang pertunjukan teater.

Nah, di dalam ruang ini, langit-langit ruang digunakan sebagai bagian layar sehingga pengunjung nantinya akan melihat pemandangan langit yang luas.Di layar tersebut akan ditampilkan sebuah pemandangan langit malam yang begitu mempesona dengan segala situasi dan kondisi.

Dari pertunjukan yang diberikan, para pengunjung nantinya akan melihat proses pembentukan tata surya, proses terjadinya gerhana, riwayat hidup bintang, dan hal lain terkait tata surya. Pertunjukan apik ini nantinya akan berlangsung sekitar 1 jam.

Hanya saja, perlu diingat bahwa umumnya pertunjukan di Teater Bintang disuguhkan untuk pengunjung yang datang secara berkelompok. Untuk pengunjung yang datang secara individu, mereka hanya bisa menikmati pertunjukan ini di akhir pekan saja pada jam 10 pagi dan jam 2 siang.

2. Teleskop Observatorium

teleskop observatorium
source :kabar24.bisnis.com

Berbincang tentang langit dan perbintangan tentu tidak bisa dilepaskan dari fungsi teleskop. Nah, Planetarium Jakarta juga menyediakan wahana teleskop yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kondisi langit dengan cara yang berbeda dan lebih scientific.

Di lokasi ini, terdapat beberapa jenis teleskop yang disediakan oleh pihak pengelola. Salah satu yang tersedia dan banyak digunakan adalah teleskop ASKO. Teleskop ini merupakan teleskop reflektor yang menggunakan cermin dengan diameter 31 cm dan biasanya teleskop ini digunakan untuk melihat hilal pada saat penentuan hari raya umat Islam.

Jika ada suatu fenomena seperti gerhana matahari atau gerhana bulan, maka ruang teleskop ini akan dibuka untuk umum. Namun, disisi lain ada agenda peneropongan rutin yang dilakukan di ruangan ini oleh peneliti.

3. Ruang Pameran

ruang pameran planetarium jakarta
source : IG @jakarta_tourism

Planetarium Jakarta juga memiliki ruang pameran yang begitu menarik. Ruang ini seringkali disebut dengan museum Planetarium Jakarta karena tata letak dan detail yang mirip museum. Hanya saja, isi dari ruang pameran ini adalah khusus hal-hal yang berkaitan dengan astronomi.

Di ruangan ini, kamu bisa melihat berbagai peralatan yang umum digunakan untuk melakukan pengamatan dan observasi astronomi, seperti teropong dan lainnya. Selain itu, terdapat cukup banyak gambar benda langit yang dilengkapi dengan informasi yang lengkap.

Juga, ada cukup banyak pakaian astronaut baik replika maupun yang asli. Ada juga beberapa koleksi pecahan batu meteor yang dikumpulkan dari beberapa tempat yang berbeda.

4. Pertunjukan Film

Satu lagi atraksi yang menarik untuk dinikmati saat berkunjung ke Planetarium Jakarta adalah pertunjukan film. Ya, pihak pengelola akan menyuguhkan 9 buah film yang sangat menarik dan akan diputar secara bergantian.

Masing-masing film tersebut memiliki durasi sekitar 60 menit lengkap dengan narasi serta iringan musik. Adapun tema dari 9 film yang ditampilkan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tata Surya
  • Pembentukan Tata Surya
  • Penjelajahan Kecil di Tata Surya
  • Dari Ekuator Sampai ke Kutub
  • Planet Biru Bumi
  • Galaksi Kita Bima Sakti
  • Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
  • Bintang Ganda dan Bintang Variabel
  • Riwayat Hidup Bintang

Film-film di atas tentu sangat menarik untuk ditonton. Selain menyenangkan dengan tema yang berbeda, tentu film di atas juga bisa menjadi referensi lain yang menambah pengetahuan tentang astronomi.

Waktu Buka Planetarium Jakarta

Secara umum, Planetarium Jakarta beroperasi setiap hari Selasa hingga hari Minggu mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 15.00 WIB. Lokasi wisata ini tutup setiap hari Senin.

Selain jam buka umum tersebut, ada pula jadwal pertunjukan yang diatur di Planetarium. Adapun detail jadwal Planetarium Jakarta terkait pertunjukan adalah sebagai berikut:

Rombongan (Setiap Selasa, Rabu, Jumat)

09.30 WIB (Pertunjukan 1)

13.30 WIB (Pertunjukan 2)

Perorangan/Individu (Setiap Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

09.00 WIB (Pertunjukan 1)

12.00 WIB (Pertunjukan 2)

15.00 WIB (Pertunjukan 3

Durasi pertunjukan di atas adalah sekitar 60 menit. Kamu bisa menyesuaikan jadwal tersebut sebagai bentuk persiapan saat hendak liburan ke tempat ini.

Lokasi Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta terletak di Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Perlu diketahui, lokasi Planetarium Jakarta ini cukup mudah dituju karena akses jalan yang sudah sangat baik dan letak lokasi yang berada di pusat kota.

Untuk menuju ke alamat Planetarium Jakarta, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua ataupun roda empat. Selain itu, cukup banyak pula kendaraan umum yang memiliki jalur menuju ke Planetarium.

Peta LokasiKLIK DISINI

Fasilitas Pendukung di Planetarium Jakarta

museum planetarium jakarta
source : IG @explore_jakarta

Selain beberapa fasilitas utama yang disediakan untuk dinikmati oleh pengunjung, pengelola Planetarium juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di lokasi wisata ini adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet di beberapa lokasi yang bersih
  • Ruang tunggu pertunjukan yang nyaman
  • AC untuk setiap ruangan
  • Tempat sampah di beberapa tempat
  • Tempat ibadah

Dengan fasilitas pendukung yang memadai, tentu saja pengunjung akan merasa lebih nyaman dan senang ketika berwisata di Planetarium.

Tips Wisata di Planetarium Jakarta

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata edukasi Planetarium Jakarta, ada beberapa tips yang perlu diketahui untuk persiapan. Tentu, dengan persiapan dan gambaran yang tepat, berwisata ke Planetarium akan cenderung lebih menyenangkan.

Adapun beberapa tips yang cukup penting untuk dipertimbangkan saat hendak berwisata ke Planetarium adalah sebagai berikut:

  • Jika memungkinkan, datanglah dengan kendaraan pribadi agar kegiatan wisata di Planetarium cenderung lebih leluasa
  • Datanglah di pagi hari jika kamu ingin menikmati pertunjukan di Teater Bintang untuk meminimalkan antrian
  • Pakai pakaian yang sopan dan hangat karena rata-rata ruangan di Planetarium cukup dingin
  • Jika kamu datang dengan anak-anak, pastikan mereka aman dan tidak lepas dari pandangan
  • Bawa obat pribadi jika diperlukan
  • Jangan membuang sampah di area wisata kecuali di tempat yang sudah disediakan
  • Taati seluruh peraturan yang telah dibuat oleh pengelola

Informasi Kontak Planetarium Jakarta

Jika kamu ingin berkunjung ke Planetarium dan membutuhkan beberapa informasi lain terutama terkait pemesanan tiket, perubahan harga atau lainnya, maka kamu bisa menghubungi telepon (021) 2305146. Selain itu informasi mengenai Planetarium juga bisa didapatkan melalui website resmi di planetarium.jakarta.go.id.

Demikian beberapa ulasan tentang Planetarium Jakarta sebagai salah satu ide wisata edukasi untuk keluarga. Kamu bisa membaca review Planetarium Jakarta lainnya untuk tambahan gambaran betapa mengasyikkan liburan bersama keluarga di Planetarium. Jadi tunggu apalagi, segera saja atur jadwal liburan dan kunjungan Planetarium bersama keluarga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *