Dari Planetarium Sampai Perpustakaan. Intip Apa Saja yang Ada di Taman Ismail Marzuki

4 min read

Taman Ismail MArzuki

Liburan tidak harus ke taman bermain atau wisata alam, Kamu juga bisa berlibur dengan berkunjung ke tempat-tempat yang bersejarah. Nah salah satu objek wisata sejarah yang bisa Kamu kunjungi adalah Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Taman ini merupakan sebuah komplek bangunan yang digunakan sebagai tempat liburan atau rekreasi. Di tempat ini Kamu bisa melakukan banyak aktivitas mulai dari berkumpul bersama keluarga atau teman, edukasi Planetarium Taman Ismail Marzuki, bahkan Kamu juga bisa nonton bioskop.

Nah saking banyaknya fasilitas hiburan yang ada, membuat Taman ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Jakarta. Terlebih lagi semenjak Revitalisasi Taman Ismail Marzuki membuat lokasi-lokasi yang ada lebih instagramable dan menarik untuk para pengunjung.
Seperti apa keseruannya ? Yuk simak artikel Aircraft Spotting berikut ini :

Sejarah Taman Ismail Marzuki

Pusat kesenian Taman Ismail Marzuki dibangun oleh Ali Sadikin pada tanggal 10 November 1968 yang merupakan Gubernur DKI Jakarta pada saat itu.

Taman Ismail MArzuki Jakarta
source : IG @jakartahitamputih.id

Pada awal peresmiannya taman ini bernama Taman Raden Saleh, ini merujuk pada nama pemiliknya yaitu Raden Saleh.

Penamaan Ismail Marzuki untuk taman ini bukan tanpa sebab. Alasan penamaan ini adalah karena taman ini dibangun untuk memperingati hari kelahiran Ismail Marzuki yang merupakan salah satu pejuang Indonesia.

Beliau lahir pada 11 Mei 1914 dan dikenal sebagai tokoh Komponis Indonesia yang menciptakan lagu Halo-Halo Bandung dan Rayuan Pulau Kelapa. Pohon kelapa dijadikan sebagai simbol dari Taman Ismail Marzuki. Taman ini dibangun di tanah seluas 9 hektar dengan luas bangunan 7.200 meter persegi.

DI taman ini Kamu bisa menikmati udara yang sejuk di tengah kota yang padat dan ramai. Selain itu Kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan hewan. Karena taman inilah yang memprakarsai dibangunnya Kebun Binatang Ragunan.

Setelah kebun binatang tersebut dipindah ke Ragunan, pemilik taman ini menghibahkan taman ini ke Pemda DKI Jakarta. Setelah itu taman ini diubah menjadi sebuah tempat untuk para seniman mengreasikan seni mereka.

TIM atau Taman Ismail Marzuki dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara kesenian sejak 1968. Acara kesenian yang sering dipentaskan adalah drama, wayang, dan pameran lukisan.

Dua puluh tahun kemudian, taman ini diubah menjadi Art Center yang digunakan sebagai tempat rujukan seni budaya di Indonesia.

Fasilitas Taman Ismail Marzuki

Fasilitas yang disediakan di TIM sangat lengkap. Selain itu ada juga wahana wisata yang bisa Kamu kunjungi di tempat ini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas hiburan dan wahana wisata di Taman Ismail Marzuki.

1. Planetarium

planetarium taman ismail marzukiplanetarium taman ismail marzuki
source : IG @vandaanindita

Wahana yang pertama adalah Planetarium, wahana ini setiap harinya sangat ramai oleh pengunjung. Di dalamnya terdapat sebuah ruangan, ruangan tersebut dibuat sebagai tempat untuk menikmati pertunjukan miniatur dari alam semesta.

Di pertunjukan tersebut akan ditampilkan berbagai bentuk bintang dan benda langit lain yang ada di galaksi kita. Yang membuat pertunjukan semakin menarik adalah semua itu ditayangkan pada sebuah layar yang posisinya ada di langit-langit sehingga terlihat seperti asli.

Biaya masuk ke Planetarium adalah Rp 10.000, pertunjukannya biasanya dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam.

2. Teater

teater taman ismail marzuki
source : IG @jakartalife

Selain planetarium, ada juga Teater Taman Ismail Marzuki yang bisa Kamu nikmati pertunjukannya. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan acara-acara yang besar dan dihadiri oleh ribuan penonton.

Teater di taman ini dibagi menjadi dua ukuran, yaitu teater besar dan teater kecil. Teater besar sanggup menampung sampai dengan 1.200 penonton dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sedangkan teater kecil hanya bisa menampung 240 penonton.

3. Galery Cipta

galeri cipta taman ismail marzuki

Wahana yang satu ini adalah tempat ditampilkannya berbagai jenis karya seni seperti lukisan. Wahana ini juga dibagi menjadi dua ukuran, yaitu Galery Cipta II dan Galery Cipta III. Untuk Galery Cipta II ini memiliki ukuran 609 meter.

Sedangkan untuk Galery Cipta III memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 147 meter. Di kedua galery tersebut sudah tersedia ruang pameran, lobby, tata surya, pendingin serta tata cahaya, dan sudah tersedia juga CCTV supaya aman.

4. Perpustakaan DKI

perpustakaan DKI taman ismail marzuki
source : IG @bacajakarta

Di TIM ini juga ada perpustakaan yang memiliki 4 lantai. Pembagian lantainya adalah lantai dasar digunakan untuk tempat pertunjukan berbagai karya seni seperti lukisan, dan ketiga lantai selanjutnya digunakan sebagai perpustakaan untuk menampung buku.

Jika Kamu sangat suka buku maka tempat ini tidak boleh Kamu lewatkan, karena di sini ada banyak sekali jenis buku yang bisa Kamu baca. Ada banyak judul menarik yang bisa Kamu baca di sini sambil bersantai.

5. Cinema XXI

Selain perpustakaan, ada juga Bioskop taman ismail marzuki yang digunakan untuk menonton film-film box office keren dan terbaru. Wahana ini bernama Cinema XXI Ismail Marzuki.

Untuk menonton film seru di Cinema XXI Taman Ismail Marzuki Kamu akan dikenakan biaya masuk untuk membeli tiket sebesar Rp. 30.000 (Senin-Kamis), Rp. 35.000 (Jumat), dan Rp. 40.000 (Sabtu-Minggu).

6. Gedung IKJ

gedung IKJ

Wahana selanjutnya ini merupakan gedung yang digunakan untuk tempat penyelenggaraan acara besar. Yang membuat gedung ini banyak dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat foto adalah karena desainnya yang unik.

Jika Kamu suka berfoto-foto maka Kamu bisa menggunakan tempat ini sebagai spot foto yang keren. Karena memang tempat ini sudah biasa dijadikan sebagai latar untuk berfoto-foto oleh para pengunjung.

7. Lain-Lain

Selain wahana-wahana tersebut, di TIM ini masih ada banyak wahana dan fasilitas lain yang bisa Kamu coba dan gunakan. Contohnya seperti ATM, Graha Bhakti Budaya, Gedung Wayang Orang Bharata, Cafetaria, Toko Buku, dan Gedung Miss Tjitjih.

Selain ada Cafetaria sebagai tempat makan, di taman ini setiap sore menjelang malam terdapat tempat yang yang menjual berbagai makanan kuliner seperti nasi goreng, sate Padang, dan jajanan lain yang bisa Kamu coba.

Area kuliner ini bisa Kamu temukan di ruas jalan yang mengarah ke Teater TIM. Selain itu, di kawasan TIM ini ada juga tempat observasi dan penelitian benda langit yang bernama Planetarium Jakarta. Di tempat ini Kamu bisa belajar hal-hal tentang luar angkasa.

Harga Tiket TIM

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan taman yang dikelola oleh pemerintah DKI Jakarta. Oleh karena itulah Kamu tidak perlu membeli tiket untuk masuk atau pun membayar ketika ingin berkunjung ke tempat ini.

Karena harga tiket masuk Taman Ismail Marzuki adalah Gratis. Namun meski begitu, Kamu harus membayar ketika ingin memasuki beberapa wahana yang ada di taman ini seperti Bioskop dan Planetarium.

Nah berikut ini adalah rincian lengkap harga tiket Taman Ismail Marzuki:

Tiket masuk TIMGratis
Teater KomaRp 60.000 – Rp 500.000
PlanetariumRp 5.000 – Rp 12.000
XXI TIMRp 35.000 – Rp 50.000

Jadwal Taman Ismail Marzuki

Sebelum Kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Kamu harus tahu jadwal kunjungan ini terlebih dahulu. TIM buka setiap Senin-Jumat mulai dari Pukul 08.00-17.00 WIB.

Berbeda dengan TIM yang tutup pada weekend atau hari libur yaitu Sabtu dan Minggu, objek wisata yang ada biasanya mengatur jam yang lebih lama ketika weekend. Jadi meski liburan Kamu masih bisa mengunjungi objek wisata yang ada di sana.

Lokasi Taman Ismail Marzuki

teater TIM
source : IG @bramastaredy

Alamat Taman Ismail Marzuki berada di Jl. Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Kamu bisa ke tempat ini menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi, karena jalan ke TIM mudah dilalui.

Rute menuju TIM tidak sulit, jika Kamu belum pernah ke tempat ini maka Kamu hanya perlu berpatokan pada Stasiun Cikini. Jadi dari manapun Kamu datang, pertama Kamu harus mengarah ke Stasiun Cikini.

Kemudian dari stasiun tersebut Kamu bisa mengakses TIM dengan mudah karena lokasi TIM berada tidak jauh dari stasiun tersebut. Untuk lebih jelasnya Kamu bisa melihat lokasinya di Google Maps dan mengikuti arah yang ditunjukan peta.

Resume Taman Ismail Marzuki

FasilitasPlanetarium, Teater, Galery Cipta, Perpustakaan DKI, XXI, Gedung IKJ, Dll
Harga Tiket MasukGratis
Jadwal OperasionalSenin – Jumat (08.00 – 17.00 WIB)
AlamatJl. Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Kontak(021) 31934740
Peta LokasiKLIK DISINI

Demikianlah review Taman Ismail Marzuki, jika Kamu ingin berlibur dan sekaligus menambah pengetahuan maka Kamu bisa mengunjungi tempat ini karena ada banyak tempat-tempat bagus yang bisa Kamu jelajahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *