Bosan Dengan Tempat Liburan Itu-Itu Saja? Coba Rasakan Sensasi Berbeda Tebing Breksi Yogjakarta

4 min read

Tebing Breksi Yogyakarta

Yogyakarta adalah surganya destinasi wisata bagi para traveller. Destinasi yang tersedia sangat beragam, mulai dari pantai, bangunan bersejarah hingga taman-taman yang tertata dengan indahnya. Salah satu wisata yang sedang banyak digandrungi, khususnya kaum milenial adalah Tebing Breksi Yogyakarta.

Tempat ini cukup menyita perhatian masyarakat pasalnya memiliki spot foto yang artistik dan memang sudah beredar luas di media sosial. Jika dilihat secara sekilas, tempat yang satu ini hampir sama dengan Brown Canyon Semarang.

Bedanya, jika Kamu bertandang ke tempat ini dan naik sampai ke puncaknya akan ada pemandangan berupa berbagai tempat bersejarah yang ada di sekitarnya. Misalnya saja seperti Gunung Merapi, Candi Yogyakarta, Candi Prambanan hingga seluruh Kota Yogyakarta.

Tidak hanya sekedar tempat wisata saja, Tebing Breksi termasuk kedalam lokasi cagar budaya yang disahkan secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 2015 silam. Pengesahan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya sebuah prasasti Taman Tebing Breksi.

Seperti apa menariknya ? Yuk simak ulasan Aircraft Spotting berikut ini :

Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi

Sejarah tempat wisata Tebing Breksi Jogja memang tidak bisa lepas dari tambang batu kapur. Yang mana tambang batu kapur ini memang dulunya berlokasi di tempat ini.

Pada tahun 80an warga jogja yang tinggal disekitar lokasi Tebing Breksi mencari rezeki dengan melakukan penambangan bahan bangunan disini.

Hanya dengan pekerjaan inilah warga sekitar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Semuanya berjalan baik dalam waktu yang cukup lama sampai pada para peneliti datang untuk melakukan beberapa penelitian di tempat ini.

Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan sebuah fakta yang menyatakan bahwa batu kapur yang ada di Tebing Breksi adalah hasil endapan abu vulkanik Gunung Nglanggeran, Gunung Kidul.

Nah, sejak saat itulah kemudian penambangan diberhentikan karena tebing ini masuk kedalam cagar budaya yang harus dilestarikan.

Beberapa saat setelah penambangan diberhentikan, lokasi ini menjadi terbengkalai dan tidak terurus. Untungnya, masyarakat yang dulunya bekerja di lahan ini memiliki ide untuk membuat tebing menjadi lokasi yang menarik.

Pada akhirnya menjadi tempat yang saat ini bisa dilihat bersama dan dijadikan sebagai destinasi wisata.

Di sisi lain, pasti Anda juga penasaran kan dari mana asal nama Breksi ini? Baik, nama breksi sendiri datang dari ide masyarakat setempat.

Disebut Breksi karena bekas guratan selama proses penggalian serta pengambilan material bangunan yang dulu pernah dilakukan di tempat ini.

Menurut warga sekitar, goresan ini sama seperti yang ada di bukit batu Bandung dan juga Bali yang dinamai dengan breksi juga.

Lokasi Tebing Breksi

tempat wisata tebing breksi jogja
source : IG @ephayuanita0892

Alamat Tebing Breksi yakni di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman DIY. Tebing Breksi Sleman ini apabila diukur dari pusat kota Jogja sekitar 18,5 kilometer dan akan memakan waktu tempuh kira-kira 45 menit menggunakan kendaraan.

Apabila Kamu ingin berkunjung ke tempat ini bisa memilih rute yang paling mudah yakni melewati Candi Prambanan. Dari bangunan bersejarah satu ini, destinasi wisata breksi hanya berjarak sekitar 7 kilometer saja loh.

Kamu bisa memulai perjalanan dari pasar Prambanan kemudian menuju ke arah Piyungan. Nah, di Piyungan Kamu akan menjumpai pertigaan, lalu ambillah arah kiri. Dari pertigaan itu hanya berjarak 1 kilometer dan Kamu sudah sampai di tempat yang dituju.

Alamat Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Peta Lokasi KLIK DISINI

Tidak ada rekomendasi khusus harus menggunakan alat transportasi seperti apa. Kamu bisa menggunakan mobil, sepeda motor dan juga angkutan umum. Hanya saja yang perlu dipersiapkan sebelum menuju ke Tebing Breksi ini yaitu kondisi kendaraan Anda.

Pastikan kendaraan yang Anda tumpangi memiliki kesehatan yang prima, pasalnya jalan yang akan dilalui menuju tempat ini terbilang cukup terjal dan menanjak. Kalau Kamu masih bingung dengan rute yang sudah dipandu diatas, Kamu bisa langsung saja melihat di Googlemaps yah.

Harga Tiket Tebing Breksi

Sebelum memasuki kawasan sebuah wisata, Kamu tentunya diharuskan untuk membayar tiket bukan? Sama halnya dengan destinasi wisata yang satu ini.

harga tiket masuk Tebing Breksi besarannya berbeda dengan harga tiket pada umumnya. Karena disini Kamu hanya diminta untuk membayar seikhlasnya saja.

Pengelola tempat ini tidak mematok harga untuk wisatawan yang masuk, meskipun jumlah wisatawan cukup banyak atau memang membawa rombongan.

harga tiket tebing breksi

Kamu hanya diharuskan membayar ongkos parkir kendaraan yang Kamu bawa sebesar 2 ribu rupiah jika Kamu mengendarai sepeda motor, sementara jika Kamu mengendarai mobil ongkos yang wajib dibayar sebsar 5 ribu rupiah.

Tarif Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2000
Parkir Mobil Rp 5000

Tarif yang tergolong murah mengingat kendaraan Kamu akan aman serta bebas dari pencurian maupun tindak kejahatan yang tidak diinginkan lainnya.

Akan tetapi, jika memang Kamu ingin terbebas dari biaya parkir, solusi terbaiknya adalah menggunakan jasa angkutan umum ya bro!

Fasilitas Tebing Breksi

Kendati tidak dipatok harga tiket untuk masuk ke wisata ini, Tebing Breksi di Jogja tetap menyediakan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman.

taman tebing breksi
source : IG @anamdeporas

Adapun fasilitas yang akan Kamu nikmati di sana adalah berupa area parkir yang cukup luas dan nyaman, sehingga bisa menampung cukup banyak kendaraan pengunjung.

Selain itu, wisata Tebing Breksi juga dilengkapi dengan tempat beribadah seperti mushola, dengan begitu Kamu tetap bisa menjalankan kewajiban untuk beribadah di tengah liburan.

Fasilitas lainnya yang juga tersedia di tempat ini adalah kamar mandi sekaligus toilet serta tentunya lapak para pedagang makanan dan minuman.

Fasilitas
Parkir Luas
Mushola
Kamar Mandi + Toilet
Spot Kuliner
Gelanggang dan Wahana

Daya Tarik Tebing Breksi

Hal yang paling menarik pengunjung dari tempat wisata satu ini adalah spot fotonya yang sederhana tetapi menghasilkan foto yang unik. Spot foto yang dimaksud adalah berupa guratan bekas galian yang terlihat jelas di bagian sisi tebing.

Jika Kamu ingin menampilkan kesan tradisional dalam foto yang akan diambil, maka bisa memilih latar belakang berupa ukiran wayang yang ada di beberapa titik tebing.

Tidak sampai disitu saja, ada gelanggang di tengah tebing yang berbentuk bulat.

gelanggang tebing breksi
source : IG @shofyan10

Gelanggang ini dikelilingi oleh tempat duduk dan sengaja di tata melingkar sama seperti Colosseum yang ada di Italia. Gelanggang ini dibuat sebagai tempat untuk menyelenggarakan pertunjukan atau event lainnya.

Tapi, seringkali gelanggang ini justru dibuat sebagai spot foto menarik oleh para pengunjung. Kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, langsung saja cus jangan sampai melewatkan spot foto menarik ini ya.

Selain daya tarik berupa spot foto, disini Kamu juga bisa menikmati wahana di Tebing Breksi. Meskipun wahana yang tersedia masih terbatas dan sederhana sekali, tapi ini bukanlah masalah besar bagi pengunjung untuk tetap menyambangi tempat ini.

off road tebing breksi jogja
source : IG @baronaalenaa

Wahana yang tersedia disini misalnya saja seperti off road, wahana ini bisa dinikmati dengan cara menyewanya atau terlebih dahulu membeli tiket khusus wahana. Oleh sebab itu, persiapkan saja dana untuk melengkapi liburan Kamu agar semakin berkesan.

Liburan di Tebing Breksi banyak diminati karena memang sensasi yang dirasakan sangat berbeda dibanding ketika Kamu menghabiskan waktu liburan di pantai, museum, air terjuan atau destinasi wisata lainnya. Sebab, di tempat ini selain berlibur Kamu juga bisa sekaligus belajar mengenai budaya dan alam.

Jadi, mau kemana liburanmu kali ini? kemanapun tujuan liburan Kamu, jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal agar selama liburan kesehatan serta keselamatan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *