65 Tempat Wisata Jogja Terhits yang Wajib Dikunjungi [Recommended]

15 min read

wisata jogja terbaik

Yang namanya liburan pasti tidak hanya mengunjungi satu objek wisata saja. Kalau hanya mengunjungi satu tentu itu akan sangat monoton dan kurang adanya variasi. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui seperti apa tipe liburan yang Kamu inginkan dan objek mana saja yang Kamu inginkan.

Kalau sekiranya hal itu berat untuk ditentukan oleh satu orang maupun beberapa orang, ada baiknya Kamu melihat paket wisata Jogja yang mana sudah menawarkan beberapa objek wisata dalam satu kali perjalanan. Soal objek wisata ini memang selalu dianggap remeh padahal itu merupakan poin penting dalam sebuah liburan.

Kesalahan Umum Berwisata di Jogja

Namanya destinasi itu tujuannya harus ke depan, harus terstruktur jangan sampai sudah sampai kota Jogja kok balik lagi ke Magelang lantas balik lagi ke Jogja. Hal semacam ini sangat sering terjadi apabila pengaturan objek itu tidak runtut dan ngawur. Salah satu contohnya apabila Kamu berkunjung ke suatu objek wisata namun objek tersebut buka setelah pukul 10.

Di titik ini karena Kamu terburu-buru Kamu menuju objek wisata lain dan kembali kesana lagi. Tentunya seperti ini akan menambah biaya, dan juga membuang waktu Kamu untuk ada di perjalanan kembali. Maka dari itulah penentuan destinasi ini benar-benar krusial dan harus diperhatikan. Kamu perlu mempelajari jam buka dari objek wisata tersebut.

Kalau Kamu tidak menyadari hal seperti itu kemungkinan Kamu akan mengalami yang namanya dekadensi dalam liburan. Yang mana hal ini berarti kemerosotan dalam manajemen waktu liburan. Akhirnya jika hal seperti ini terjadi kemungkinan ada konflik antara cara satu orang dengan orang lain yang di dalam bus tersebut, kemudian suasana liburan tak lagi manis seperti yang dibayangkan.

Tentukan Destinasi

Pertama, Kamu harus menentukan kemana saja destinasi yang ingin Kamu tuju sebelumnya. Setelah itu ketahui betul-betul bahwa ketika Kamu sampai di sana objek wisata sudah bisa dikunjungi. Pastikan juga ketika keluar dari objek wisata tersebut Kamu tepat waktu. Ini semua kaitannya dengan proses liburan secara keseluruhan.

Kamu pasti menyadari bahwa ada liburan yang gagal karena salahnya manajemen waktu. Hal ketiga yang perlu Kamu perhatikan adalah Kamu sudah memperkirakan berapa waktu yang cukup untuk berada di satu objek wisata. Tentunya ini akan diulas bersama teman-teman Kamu.

Sayangnya, pengaturan destinasi itu jarang dilakukan karena kurangnya koordinasi tim dalam liburan sekaligus secara psikologis manusia akan kebingungan dalam memilih destinasi wisata. Kalau begitu solusinya ya paket liburan. Salah satu yang paling terkenal tentu paket wisata Jogja. seperti yang Kamu ketahui Jogja punya banyak sekali objek wisata sampai ke mungkin Kamu akan bingung dalam memilih.

Dalam sebuah paket wisata, Kamu akan diberikan waktu untuk menikmati sebuah objek wisata. Setelah itu pihak penyedia jasa sudah menghitung juga berapa waktu yang tepat untuk sampai ke objek wisata lain. Betapa diringankannya beban seorang pelancong dengan menggunakan paket wisata?

Mungkin itulah alasan yang paling realistis mengapa Kamu harus menggunakan paket wisata. Terlebih lagi apabila yang Kamu ajak untuk berlibur itu orang banyak. Atau lebih dari 20 orang, sebab mengatur 20 orang itu perlu keahlian khusus yang mana tidak mudah pastinya. Apalagi jika ingin mengunjungi tempat wisata Jogja terbaru pasti repot dong kalau tak menggunakan paket!

Obyek Wisata Menurut Jenisnya

kalau mau mendefinisikan objek wisata tentu sudah membosankan apabila hanya digolongkan menurut jarak tempuh ataupun harga tiketnya, untuk itu kali ini aku akan menggolongkan beberapa objek wisata berdasarkan tingkat kepopulerannya, kemudian berdasarkan tema, kemudian berdasarkan kapan waktu yang tepat untuk dinikmati.

Mau tau seperti apa tempat wisata di JOgja ? Yuk simak pembahasan Aircraft Spotting berikut ini :

Objek Wisata Ramah Kantong

Kalau jenis objek wisata ini, merupakan jenis yang memang ramah di kantong atau biasa kita sebut murah. dalam kategori ini ada beberapa objek wisata yang memang tidak dipungut biaya tiket masuk sekaligus tempatnya juga mudah dijangkau. Memang Objek wisata Jogja murah dan ramah, sudah jadi ciri khas kota Jogja.

1. Malioboro

wisata malioboro
source : IG @wisatamalioboro

Di jalan Malioboro ini Kamu akan temukan banyak sekali penjual batik hingga pernak-pernik khas Jogja. Tentu saja biaya masuknya 0 rupiah. Jadi Kamu tidak akan dipungut tiket masuk hanya saja Kamu tetap harus membayar parkir kendaraan yang kami bawa. Salah satu hal yang membuat Malioboro itu menarik adalah nuansa Jogjanya yang begitu terasa.

Jajanan pasar, pengamen angklung, gantungan kunci khas Jogja hingga baju-baju yang akan sulit Kamu temukan selain disini. Keadaan seperti itulah yang membuat orang-orang sangat tertarik pada Malioboro. Kamu juga bisa berkunjung ke mall Malioboro apabila Kamu ingin jalan-jalan ke mall ketika mengunjungi lokasi ini.

Malioboro ini juga memiliki Pasar Beringharjo dimana pasar ini merupakan salah satu pusat penjualan di kota Jogja. Apa yang bisa Kamu temukan? Hampir apa saja yang ingin Kamu cari dapat Kamu temukan di jalan Malioboro. Bahkan jika Kamu ingin membeli buku di sini juga ada shopping tempat jual buku yang sangat terkenal di kota ini.

Pasar beringharjo namanya sudah terdengar hingga pelosok daerah dikarenakan pasar ini sudah termasuk destinasi wisata Jogja murah. Kamu bahkan dapat membeli baju batik disini hanya dengan Rp. 35.000 saja.

2. Hutan Pinus

hutan pinus jogja
source : IG @luusypramirta

Kamu pasti pernah mendengar atau berkunjung ke hutan pinus Yogyakarta. lokasinya yang memang cukup jauh dari kota tidak membuat tempat ini menjadi dianaktirikan dalam pemilihan objek wisata. Selain sering digunakan sebagai syuting film ataupun video klip, hutan ini memang ramai dikunjungi apalagi pada saat akhir pekan.

Di sini Kamu dapat menemukan pinus yang tumbuh secara berdekatan (namanya juga hutan) dan juga terjaga kebersihannya. Awalnya hutan ini memang direncanakan sebagai salah satu program reboisasi tapi karena banyaknya orang yang berkunjung ke sana akhirnya tempat ini juga digunakan sebagai objek wisata.

Menariknya, bukan ini hanya memberikan harga tiket masuk sebesar Rp5.000. Kamu juga bisa berkunjung ke hutan ini mulai dari jam 8 hingga jam 8 malam. Sebab setelah itu suasana hutan akan berubah menjadi sepi dan agak serem. Jadi sangat direkomendasikan untuk datang ke sana pada siang hari ataupun sore hari.

Fasilitas yang tersedia di sini juga sangat lengkap ada toilet, tempat sholat, tempat makan dan hutan sebagai tempat berteduh dari terik matahari. Kamu bisa temukan banyak penjual makanan ringan di sekitaran hutan pinus. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pemukiman, Kamu dapat mencari restoran yang tidak terlalu jauh dari lokasi.

3. Tugu Jogja

tugu jogja
source : IG @alvikry

Salah satu objek wisata Jogja yang sudah buka sekaligus ikon kota Jogja yang ini sudah dapat dibilang sebagai objek wisata. Di sini tentu Kamu akan bisa berfoto dengan background tugu Jogja yang sangat ikonik. Tentunya kalau Kamu mengambil foto di sini tidak akan dipungut biaya. tetapi hal yang perlu Kamu sadari bahwa Kamu tidak bisa parkir menggunakan kendaraan besar di sekitaran tugu.

Jadi kemungkinan Kamu akan bisa mengunjungi tugu Jogja apabila Kamu menginap di hotel sekitaran tugu. Fasilitas yang tersedia adalah spot foto yang sangat banyak. Biasanya tugu Jogja selalu dipadati oleh orang-orang yang ingin berfoto atau sekedar duduk menikmati suasana. Di sekitaran tugu juga banyak cafe yang buka untuk dapat menjadi persinggahan Kamu.

Obyek Wisata Jogja Terhits

Kategori berikutnya yakni kategori hits. Dalam kategori ini objek wisata akan digolongkan menurut kepopulerannya dalam sosial media. ada beberapa objek wisata yang masuk dalam kategori ini. Kemungkinan, beberapa obyek wisata ini punya biaya masuk yang cukup mahal.

1. Jogja Bay

wisata jogja bay
source : IG @travel.kompas.com

Sepertinya aku nggak perlu bicara banyak soal Jogja Bay. Sebab sudah pasti Kamu pernah mengenal wahana kolam renang ini yang begitu fenomenal pada pertengahan 2014. Selain menjadi wahana air terbesar di Jogja, Jogja Bay juga menawarkan puluhan permainan yang mana bisa membuat Kamu tertantang.

Tidak hanya cocok untuk anak-anak tapi Jogja bay ramah untuk segala usia. Mulai dari kecil hingga dewasa akan punya spot sendiri untuk bersenang-senang di Jogja Bay. Fasilitasnya sangat banyak mulai dari perosotan, kolam renang standar hingga restoran juga tersedia disini. Jogja Bay buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore.

Jadi pastikan ketika Kamu berkunjung Kamu ada di jam yang tepat. Untuk tiket masuknya sendiri adalah Rp100.000 per orang. Dengan tiket yang cukup mahal Kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang tidak main-main. Kelengkapan yang ada di sini sudah sangat patut dibilang worth it.

Jogja bay merupakan salah satu objek wisata Jogja terdekat apabila Kamu, dari arah kota. Sebab selain ramah anak, cuaca Jogja yang panas sangat mendukung untuk mencari kesegaran seperti berenang atau bermain air.

2. Heha Sky View

heha skyview
source : IG @hehaskyview

Meski berada di sekitaran Bukit Bintang, Heha Skyview merupakan objek wisata yang berbeda dari Bukit Bintang itu sendiri. Disini merupakan tempat yang sangat hits di sosial media. Pada dasarnya tempat ini adalah sebuah resto yang berada di Bukit Bintang yang notabennya termasuk dalam wisata Jogja gunung kidul.

Tapi, dengan desain yang sedemikian rupa membuat resto ini sangat banyak dikunjungi. Rasanya tidak salah kalau tempat ini juga bisa disebut sebagai objek wisata yang harus dikunjungi ketika pergi ke sana.

Jam buka untuk resto ini adalah 24 jam sedangkan tiket masuknya tentu tidak ada. Tapi Kamu pasti harus pesan makanan di restoran supaya bisa menikmati suasananya. Sebab kalau Kamu tidak memesan makanan Kamu tidak bisa masuk ke dalam heha skyview.

Heha akan sangat memikat pemandangannya apabila dikunjungi pada malam hari. Tak heran banyak yang menyebutnya sebagai tempat terbaik untuk wisata Jogja malam hari. Wajar sih, sebab lautan bintang di bukit ini takkan terlihat di siang hari.

3. Tebing Breksi

tebing breksi
source : IG @satrio_0202

Wisata Jogja hits lainnya adalah tebing breksi. Di sini Kamu akan menemui tebing yang sudah diukir sedemikian rupa dan membentuk ukiran yang cantik.

Tentu saja Kamu harus membayar tiket untuk masuk ke dalamnya. Harga yang harus dibayar hanyalah sekitar 15.000 rupiah.

Fasilitas di dalamnya tentu ada toilet dan juga parkiran yang luas. Kamu juga akan menemukan beberapa penjual makanan ringan di sekitaran tebing breksi. So? Pasti akan asyik buat berkunjung kesana dong?

4. House of Raminten

house of raminten
source : IG @houseoframinten

Kalau dibilang resto memang house of Raminten ini resto, tapi tentu bukan resto biasa. house of Raminten sudah berubah menjadi sebuah tempat wisata Yogyakarta yang wajib Kamu kunjungi apabila Kamu berada di daerah kota. Di sini Kamu akan menemukan makanan yang unik serta memang khas Jogja.

Terlebih lagi di house of Raminten Kaliurang Kamu akan mendapatkan view yang cantik. Pemandangan ini tentu akan sulit didapatkan apabila Kamu berada di kota besar. House of Raminten buka pukul 8 hingga pukul 8 malam.

Fasilitasnya tentu lengkap mulai dari wi-fi hingga AC dan tempat duduknya nyaman. Yang jelas di sela-sela waktu berlibur Kamu dapat nongkrong di sini sebagai salah satu tempat tujuan yang pasti tidak akan bikin Kamu kecewa.

5. Candi Ratu Boko

candi ratu boko
source : IG @rikatiwi

Candi yang sangat hits dan juga menjadi salah satu candi paling sering dikunjungi ketika AADC 2 tayang di layar lebar. Alasannya sederhana yakni lokasi ini digunakan untuk syuting AADC. Meskipun, candi dan letaknya cukup jauh dari kota. Hal tersebut tidak mengurangi sama sekali animo masyarakat untuk berkunjung ke candi ratu Boko.

Candi ini memiliki jam buka mulai dari jam 8 hingga pukul 4 sore. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup menarik yakni adanya tempat berteduh di sekitaran candi. Untuk tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang dan harga ini tergolong murah untuk suatu obyek wisata Yogyakarta yang sudah terkenal.

6. Gereja Ayam

gereja ayam
source : IG @anto_babhe

Walaupun bukan termasuk tempat wisata di Yogyakarta, gereja ayam ini terkenal karena digunakan untuk syuting AADC 2 juga. Jika Kamu membeli paket wisata ke Jogja pasti Kamu akan menemukan objek wisata gereja ayam menjadi salah satu tujuan wisatanya. letaknya yang tidak jauh dari kota Jogja membuatnya makin banyak diburu wisatawan luar daerah.

Gereja ini buka pukul pukul 8 pagi sampai pukul jam 4 sore. Tiket masuknya tentu tidak mahal yakni Rp. 5.000 per orang. Tapi terkadang Kamu juga bisa memasuki kawasan ini dengan gratis.

7. Goa Pindul

goa pindul
source : IG @goapindulofficial.id

Salah satu tempat wisata yang akan menawarkan river tubing yakni adalah goa Pindul. Untuk tiket masuknya tentu cukup mahal yakni Rp. 15.000. Sedangkan untuk river tubing Kamu perlu mengeluarkan biaya lebih.

Jam buka di bawah ini adalah pukul 8 hingga 4 sore, fasilitas yang ditawarkan merupakan fasilitas untuk melakukan river tubing sekaligus menjelajah goa.

8. Taman Pintar

wisata jogja taman pintar
source : dolanyok.com

Kalau Kamu mencari wisata Jogja dekat Malioboro maka ini adalah tempatnya. Di taman pintar anak Kamu dapat bermain sekaligus belajar bagaimana sains dan fisika bekerja di dunia. Tentu saja ilmu pengetahuan itu akan sangat bermakna apabila disampaikan dengan cara yang menarik.

Tiket masuk menuju taman pintar adalah Rp. 20.000 pada musim liburan, sedangkan di dalamnya Kamu dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas seperti AC, tempat duduk, hingga bermain sambil belajar di berbagai macam alat unik yang sudah tersedia.

Wisata Pantai di Yogyakarta

wisata pantai watu kodok
source : IG @gunungkidul.ig

Berikut ini merupakan kumpulan pantai yang bisa Kamu kunjungi di Yogyakarta. Pantai ini memiliki tiket masuk yang relatif sama yakni Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per orang. fasilitas yang ditawarkan juga mirip-mirip saja seperti gazebo, warung Makan dengan makanan ringan dan minuman ringan serta tempat mandi juga toilet yang bersih.

Tentunya pantai merupakan salah satu wisata Jogja yang sudah buka. Jadi ketika Kamu berkunjung ke sana kemungkinan Kamu akan bisa berlibur ataupun menikmati indahnya pantai tanpa perlu takut pantai tersebut sedang tutup pasca PSBB.

Ada beberapa pantai yang memang sangat direkomendasikan di Jogja, apa saja itu? Berikut daftarnya:

  1. Pantai Nglambor
  2. Pantai Watu Kodok
  3. Pantai Parangtritis
  4. Pantai Baron
  5. Pantai Indrayanti
  6. Pantai Pok Tunggal
  7. Pantai Depok
  8. Pantai Congot
  9. Pantai Sanglen
  10. Pantai Ngandong
  11. Pantai Kesirat
  12. Pantai Wohkudu
  13. Pantai Greweng
  14. Pantai Jogan
  15. Pantai Wediombo
  16. Pantai Ngobaran
  17. Pantai Timang
  18. Pantai Drini
  19. Pantai Samas
  20. Pantai nguluran
  21. Pantai Sandranan
  22. Pantai Siung
  23. Pantai Goa Cemara
  24. Pantai Sepanjang
  25. Pantai Sundak
  26. Pantai Kukup
  27. Pantai Nguluran
  28. Pantai Sanglen
  29. Pantai Sri gethuk
  30. Pantai Krakal
  31. Pantai Glagah.

Rupanya ada 31 pantai yang siap dikunjungi. Jadi Kamu tak perlu khawatir soal wisata pantai di Jogja ada 31 spot yang memang bisa Kamu nikmati keindahannya serta suasananya sekaligus membuat momen liburan makin menyenangkan dan asik apabila bermain di pantai.

Wisata Jogja Malam Hari?

Pertanyaan semacam ini memang sedikit terdengar aneh apabila Kamu tidak berada di Jogja. Berwisata malam hari memangnya ada? Oh banyak! Di Jogja Kamu bisa saja menemukan tempat wisata yang benar-benar asyik sekaligus nikmat untuk digunakan mengarungi malam. Beberapa tempat ini tentu merupakan tempat wisata hits yang tadi sudah dibahas di atas.

1. Bukit Bintang

wisata jogja bukit bintang
source : IG @voilajogja

Bukit Bintang merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Jogjakarta. Di sini Kamu bisa melihat kota Jogja dari jauh, yang mana memiliki lampu-lampu berkilau seperti Bintang.

Ada banyak restoran dan juga warung-warung kecil yang buka di Bukit Bintang. Dan juga tidak ada tiket masuk yang akan Kamu bayangkan ketika Kamu berkunjung ke sini.

Intinya, tempat ini akan sangat cocok buat Kamu yang suka foto-foto dan juga ngobrol ngopi bersama teman-teman terlebih lagi apabila Kamu datang di sore hari. Waahh, kopi-senja macam fiersa Besari ya Hyung!

2. Jalan Malioboro

wisata malam malioboro
source : IG @wisatamalioboro

Ketika malam hari tiba, jalan Malioboro ini terlihat lebih cantik dan estetik. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi jalan Malioboro ketika malam hari. Di situ Kamu akan menemukan spot foto yang sangat banyak. Pada malam hari Kamu akan menemukan banyak penjual kaki lima yang memulai jualannya.

Tentu seolah Kamu berada ditempat yang berbeda. Mulai dari angkringan, ronde, sampai sate ayam juga tersedia di sepanjang jalan Malioboro. Memang suasana malam disini begitu nikmat berbeda dengan siang hari yang gerah dan panas. Ketika malam tiba Kamu akan menemukan pengamen angklung yang mana sudah sangat viral di sosmed.

3. Titik 0 Yogyakarta

titik 0 jogja
source : IG @wisatamalioboro

Disini Kamu akan menemukan muda-mudi yang tengah jalan-jalan entah sekedar menikmati malam atau tengah berkumpul bersama komunitas mereka. Tentunya pasti banyak dari Kamu yang pernah main atau lewat di titik 0 Jogja dong?

Kalau belum maka harus banget Kamu coba mampir ke titik 0 Yogyakarta! Seru banget, banyak dari orang-orang ini memang sengaja duduk nongkrong di sekitar km 0 karena memang disini suasananya nyaman sekaligus banyak juga seniman jalanan yang menggelar lapaknya disini.

5. Alun-Alun Kidul

alun-alun kidul jogja
source : IG @djlilik_

salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi ketika malam hari adalah alun-alun kidul. Disini Kamu bisa menemukan banyak mobil-mobilan warna-warni yang memang disediakan untuk berkeliling alun-alun. Serta jangan lupa ringin kembar yang legendaris juga merupakan salah satu hal yang menambah daya tarik alun-alun kidul.

Konon apabila Kamu bisa melewati titik tengah dari kedua beringin tersebut dengan kondisi mata tertutup segala keinginan Kamu akan tercapai. Yah itukan cerita, tapi kalau benar terwujud sih syukur yah hehe.

6. Alun-Alun Lor

alun alun lor jogja
source : IG @dionysius3112

Selain alkid Yogyakarta juga memiliki alun-alun lor. Sebenarnya alun-alun ini sama saja dengan alun-alun kidul namun yang membedakan adalah tidak ada pohon beringin di bagian tengahnya. Kalau Kamu ingin sekedar nongkrong dan mencari ronde Kamu bisa datang ke sini.

Banyak juga penjual wedang jahe ataupun makanan ringan khas Jogja yang berjualan di sekitaran alun-alun lor. Kamu bisa jajan sambil menikmati malam bersama orang kesayangan disini.

7. Taman Pelangi

wisata jogja taman pelangi
source : IG @tamanpelangijogja

Salah satu objek wisata terkenal lainnya adalah taman pelangi. Taman pelangi merupakan salah satu taman yang berada di samping monumen Jogja kembali. Saya menghadirkan berjuta lampion yang cantik, di sini Kamu bisa berfoto dengan background yang tidak biasa.

Warna yang vibrant menjadi warna dominan pada setiap lampion, jadi dapat dipastikan feed Instagram Kamu akan sangat cantik ketika Kamu buat foto di sini.

8. Pentas Seni Ramayana Prambanan

ramayana prambanan
source : IG @ramayanaprambanan

Kalau Kamu suka dengan seni budaya, maka ini adalah salah satu hal yang harus Kamu datangi. Digelar di malam hari, tidak membuat pensi Ramayana ini sepi pengunjung. Dengan tiket 125.000 saja Kamu sudah bisa menikmati pertunjukan ramayana.

Tentunya segala scenario, disini dilakukan oleh para seniman profesional dan juga sudah dikenal oleh dunia.

9. Hutan Pinus Pengger

hutan pinus pengger
source : IG @eri_eryanto23

Tidak semua hutan itu menakutkan saat malam, contohnya hutan ini. Adanya hiasan berupa lampu dan ornamen seni membuat hutan terlihat lebih hidup. Dan lagi Kamu bisa foto-foto di depan ornamen tersebut supaya story Instagram tetap lancar dan mempesona.

Harga tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah saja. Fasilitas yang ada tentu spot foto asyik ditambah makanan serta minuman ringan. Hal tersebut menambah kenikmatan untuk melewati malam sambil berfoto-foto ria bersama kawan.

10. Sindu Kusuma Edupark

sindu kusuma edupark jogja
source : IG @jogjaseni

Ditempat ini, ada berbagai wahana bermain yang dapat dinikmati usia muda hingga tua. Tentu saja yang paling terkenal adalah bianglala yang ada di Sindu Kusuma Edupark. Pada pertengahan 2016, Sindu Edupark menjadi obyek wisata Jogja terhits meski sudah 5 tahun berlalu, tempat ini masih sangat cocok di sambangi khususnya malam hari.

Lampu-lampu ditambah menariknya wahana disini, membuat suasana lain daripada yang lain. Pernahkah Kamu naik bianglala malam hari? Kalau belum masa Sindu akan menawarkan hal tersebut. Fasilitas yang ada tentunya wahana dan resto dimana Kamu bisa makan bersama keluarga. Tiket masuknya sendiri berkisar antara 80-100 ribu rupiah saat weekend.

11. Pasar Seni Gabusan

pasar seni gabusan
source : IG @irfan.setiaji

Bertempat di Bantul, pasar ini sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya sebuah acara. Selain memiliki koleksi seni PSG juga menawarkan view yang tak biasa. Pasti Kamu belum pernah, jalan-jalan di pasar seni? Apalagi malam hari. Tentu ini akan menjadi pengalaman baru buatmu.

Selain sudah terkenal di kawasan Bantul, pasar ini juga sudah cukup terkenal di Indonesia khususnya urusan kesenian. Jadi kalau Kamu punya teman yang bergelut di bidang seni, kemungkinan dia akan sudah mengetahui lokasi dari pasar gabusan. Pasar ini buka pukul 8 pagi sampai dengan jam 11 malam, dan tentunya gratis hanya bayar parkir saja bro.

12. Benteng Vredeburg

wisata jogja benteng vredeburg
source : IG @haniah_luwarsih

Salah satu benteng yang unik di Jogja yaitu benteng Vredeburg. Selain menjadi cagar budaya, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat berwisata malam. Kalau Kamu sedang ingin jalan-jalan malam maka benteng ini cocok banget buat disinggahi

Benteng peninggalan Belanda ini, selalu menjadi background foto yang sangat mantap. Terlebih lagi kalau fotonya malam hari. Terlihat classical sekaligus menarik mata yang melihatnya.

13. Pura wisata

wisata jogja purawisata
source : IG @devaunyil

Kalau Kamu memang menyukai kesenian, maka ada tempat pagelaran seni lainya. Berbeda dengan pensi Ramayana yang digelar di Prambanan, pagelaran kali ini dilaksanakan di purawisata. Disana para pelancong dapat menyaksikan pagelaran seni hanya dengan membayar sebesar 75 ribu rupiah. Disini bagi turis asing akan mendapatkan harga yang berbeda yaitu Rp.250.000

Fasilitas yang akan didapat adalah tempat duduk yang nyaman. Untuk mendapatkan makanan, Kamu harus mengeluarkan uang lebih. Tapi disini memiliki menu yang nikmat serta varian masakan yang bermacam-macam.

14. Prawirotaman

playon prawirotaman jogja
source : IG @playon.jogja

Disini Kamu akan menjelajah cafe dan resto. Kamu akan bisa jajan berbagai masakan berjenis western disini. Tentu saja itu dipengaruhi oleh banyaknya orang asing yang tinggal di kawasan ini. Sejak dulu, prawirotaman yang mana tergolong wisata Jogja kota, memang terkenal sebagai kampung bule.

Disini Kamu akan merasakan seolah tengah pergi ke luar negeri dikarenakan suasana yang tercipta sepanjang jalan ini terasa seperti tidak di Jogja.

Bagi para bula dan pak le, prawirotaman akan menjadi salah satu tempat singgah dalam paket wisata Jogja yang mereka beli. Sebab prawirotaman memang sudah dikenal hingga mancanegara.

Wisata Taman Bermain dan Kebun

gembira loka
source : IG @glzoojogja2021

Di Yogyakarta Kamu bisa temukan tempat wisata yang bisa dijadikan tempat melepas penat. Beberapa tempat ini sebenarnya sudah sangat terkenal dari zaman dulu. Hanya saja belakangan ini tempat-tempat tersebut makin ramai dikunjungi oleh orang-orang yang berwisata ke Jogja. Bahkan beberapa objek sudah masuk dalam paket wisata yang ramai diminati.

Untuk jam buka dari objek wisata Jogja terhits ini memiliki jam yang sama yakni jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi pastikan Kamu tidak datang terlalu sore jika ingin menikmati keindahan kebun sekaligus bermain disana. Hal yang pasti, Kamu bisa juga membawa oleh-oleh yang mana juga di jajakan di dalam area kebun.

Beberapa kebun tersebut yaitu:

  1. Kebun Buah Mangunan
  2. Merapi Park
  3. Gembira Loka
  4. Bukit becici
  5. Hutan Pinus Sari.

Wisata Bertema Jepang dan Korea

the lost world castle jogja
source : IG @thelostworldcastle

Beberapa dari kami untuk menyukai wisata yang bertemakan Jepang maupun Korea. Di Jogja Kamu juga dapat merasakan wisata Jogja ala Jepang dan wisata Jogja ala Korea seolah-olah tidak tengah berada di Jogja Kamu akan merasa sedang melancong ke negeri ginseng kemudian lanjut ke negeri sakura.

Fasilitas yang disediakan tentu Kamu bisa menyewa pakaian Korea serta pakaian Jepang untuk berfoto ria bersama kawan-kawan. Hal semacam ini tidak selalu lho bisa Kamu temukan di tempat lain! Makanya mumpung ada di Jogja jangan sampai deh melewatkan kesempatan ini.

  1. The Lost World Castle
  2. Kalinampu Natural Park
  3. Chingu Cafe
  4. Dae Jang Geum
  5. Teddy Bear world.

Di 5 tempat tersebut Kamu akan bisa rasakan seolah sedang berlibur ke Jepang. Dan lagi disini disediakan makanan khas Jepang serta Korea loh! Gimana nih oppa? Kayaknya kalau berkunjung kesana wajib banget namanya makan kudapan khas Korea ya Hyung?

Banyak Sekali Pilihan

Pilihan objek wisata Yogyakarta, tinggal mana yang benar-benar Kamu sukai saja. Sejak awal memang Kamu bisa berlibur di Yogyakarta dia ongkosan murah sekaligus objek wisata yang berlimpah. Tapi, apabila Kamu tidak tau mana objek wisata yang tepat maka akan lebih baik untuk memilih paket wisata yang sudah tersedia saja.

Beberapa paket juga sudah memberikan pilihan destinasi wisata Jogja murah! Kamu juga bisa memilih objek wisata sendiri, jadi apabila Kamu merencanakan liburan bersama rekan-rekan akan sangat bagus jika Kamu memilih paket wisata saja. Selain memudahkan Kamu dalam mengurus manajemen waktu, pihak penyedia jasa juga biasanya memberikan kendaraan sebagai salah satu fasilitas dalam paket wisata tersebut.

Kalau mau dilihat secara merata saja, paket wisata saat ini biasanya mematok harga 250-350 ribu per orang untuk wisata 2 hari. Tentu saja, itu dapat berubah apabila jumlah orang yang ikut sangat banyak. Kemungkinan saat sebuah sekolahan melakukan wisata jumlah yang akan ikut kemungkinan mencapai 200 an lebih.

Jadi Kamu pasti akan mendapatkan harga spesial apabila jumlah orang yang ikut serta sangat banyak. Tentu saja sebuah liburan bersama orang-orang yang banyak akan memberikan efek lain berupa susahnya manage waktu, contohnya ketika datang saat untuk berpindah objek wisata malah Kamu harus nunggu orang lain untuk masuk ke dalam bis terlebih dahulu.

Yang biasanya membuat sebuah liburan menjadi memakan waktu lama. Sebab manajemen orang banyak memang tidak semudah yang kita bayangkan saja. Maka dari itulah paket wisata yang recommended, adalah paket wisata ya memang bisa memanajemen waktu dengan baik. Besar kemungkinan seluruh objek wisata yang ada dalam list bisa kita sambangi semuanya.

Perhatikan Lokasi Menginap

ketika Kamu memilih paket wisata yang memberikan fasilitas menginap, Kamu juga sembelit hati kan Di mana lokasi tempat menginap tersebut. Akan lebih baik apabila lokasinya tersebut dapat kita pilih sendiri. Sebab lokasi menginap akan sangat punya efek besar apabila Kamu berada di pusat kota.

Ketika penginapan yang Kamu milih ada di tengah kota Kamu bisa melakukan perjalanan malam hari untuk keliling Jogja. apabila Kamu ada di sekitaran kota Kamu bisa mengunjungi alun-alun kidul ataupun titik 0 km. Selain ramai dan menyenangkan Kamu juga akan bisa menemukan penjual ronde serta minuman tradisional lainya disini.

Apabila Kamu tidak memperhatikan letak hotel tempat Kamu bermalam, bisa jadi hotel yang Kamu tinggali berada jauh dari objek wisata malam. Nah, akan sangat rugi apabila sudah berada di Jogja tapi tak jalan-jalan malam. Memang kota Jogja itu akan sangat kurang apabila tidak menikmati malamnya.

Lakukan Perbandingan Harga

Apabila Kamu menginginkan untuk menggunakan paket wisata Kamu aja melakukan perbandingan harga sebelumnya. Banyak sekali pakai wisata yang memang menawarkan jasa yang murah tapi tidak sedikit yang memiliki oknum nakal. Harga yang ditawarkan sangat tinggi dan kadang tidak masuk akal.

Maka dari itu, ada baiknya Kamu melakukan survei artikel terlebih dahulu untuk mengetahui berapa harga pasaran yang wajar untuk sebuah paket wisata. Kalau mau merencanakan untuk jangka panjang, Kamu bisa melakukan pemesanan jauh-jauh hari supaya tidak terkena harga musim liburan. Telah kita ketahui bahwa di Indonesia ini setiap kali musim libur dan semua harga akan naik.

Nah maka dari itu, ada baiknya engkau melakukan pemesanan jauh-jauh hari untuk menghindari kenaikan harga saat musim liburan saja. Jika tidak bisa-bisa saat musim liburan harga menjadi dua kali lipat ataupun 3 kali lipat lebih mahal daripada harga aslinya. memang Kamu harus membayar uang muka terlebih dahulu namun itu tetap saja akan membuat harga totalnya semakin murah.

Sebenarnya sih, liburan bukan cuma soal murah atau mahalnya saja. Tapi kalau liburan ke Jogja memakan biaya yang tidak rasional? Tentu Kamu nggak mau dong itu terjadi. Niatnya mau liburan bersama supaya hemat, eh malah jadi tekor. itulah pentingnya Kamu merencanakan sebuah liburan jauh-jauh Hari agar dapat melakukan survei harga serta menghindari lonjakan harga saat musim libur.

Sebenarnya, semua pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Kamu memilih paket liburan memang Kamu harus membayar sedikit lebih mahal daripada tanpa paket. Tetapi kelebihan yang mungkin Kamu dapat adalah Kamu bisa memilih destinasi wisata yogyakarta sesuai dengan keinginan Kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *