Menjajal Wisata Malam Jogja yang Super Fun. Ada Apa Saja?

8 min read

Wisata Malam Jogja

Kini tiba saatnya Kamu juga harus mencicipi sebuah wisata yang tak biasa. Sebuah wisata yang mana akan memberikan kesan kepadamu. Wisata malam Jogja memang punya cerita lain yang perlu untuk diceritakan namun, akan manis dirasakan. Ada beberapa tempat yang bisa jadi pilihan untukmu.

Apa saja? Yuk langsung intip Wisata Malan di Jogja dari Aircraft Spotting di bawah ini.

1. Rooftop Lippo Mall

rooftop Lippo Mall
source : IG @erlanggaandika99

Di sini Kamu akan bisa menemukan berbagai macam jajanan sekaligus menikmati langit malam Jogja secara langsung. Terkadang ada life music yang akan menghibur Kamu, atau juga stand-up comedy yang disediakan oleh pihak pemilik tempat. Ngobrol bersama teman sekaligus menikmati malam dengan suasana lain memang sudah jadi impian banyak orang.

Harga makanan disini juga tidak mahal, hanya sekitar 15.000-35.000 rupiah. Yang jelas, Kamu akan bisa menikmati malam bersama teman-teman Kamu sekaligus menjadi sesi curhat yang khidmat. rooftop ini hanya akan dibuka sesuai dengan jam buka Lippo mall yakni pukul jam 9 pagi hingga jam 10 malam.

2. Bukit Bintang

resto bukit bintang jogja
source : IG @albetgunawan_

Salah satu bukit yang terkenal di jogja adalah bukit bintang. Percikan cahaya lampu dari kota Jogja menjelma menjadi bintang-bintang kecil bila dilihat dari sini. Bukit Bintang ini menjadi salah satu bukti paling ramai dikunjungi apalagi pada saat musim liburan tiba. Kamu tentu bisa datang ke bukit ini tanpa dipungut biaya apapun.

Tapi jika Kamu ingin menikmati keindahan Bukit dengan lebih cantik, maka Kamu harus membeli jagung bakar ataupun susu coklat hangat untuk menemani malam Kamu. Kamu akan menemukan berbagai macam restoran yang buka 24 jam di sekitar Bukit Bintang.

3. Jalan Malioboro

wisata malam malioboro
source : IG @wisatamalioboro

Pada malam hari, Malioboro sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan karena banyaknya pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di sana. Jajanan seperti angkringan dan juga ayam goreng sangat banyak ditemukan sepanjang jalan ini. Jika Kamu menyukai musik tradisional Kamu juga akan menemukan pengamen angklung pada jalan ini.

Minuman tradisional seperti ronde dan bajigur juga Kamu bisa temukan disini. Selain menjual oleh-oleh Malioboro juga menjual berbagai macam makanan tradisional hingga modern. Sebagai salah satu wisata malam Jogja, Malioboro sudah pasti harus Kamu kunjungi.

4. Alun-Alun Kidul

alun-alun kidul jogja
source : IG @djlilik_

Tentunya Kamu pernah mendengar alun-alun kidul, di sini Kamu akan menemukan ringinkembar yang mana menyimpan mitos jika pada situs melewati link tersebut harapan Kamu akan terkabul. Selain ringin kembar disini Kamu bisa menemukan odong-odong serta berbagai makanan ringan.

Jadi sangat tidak salah apabila Kamu milih alun-alun kidul sebagai tempat untuk menghabiskan malam bersama teman-teman atau keluarga. Kalau Kamu suka wedang jahe disini juga banyak tersedia penjual wedang jahe.

5. Titik 0 Yogyakarta

titik 0 jogja
source : IG @wisatamalioboro

Salah satu spot yang paling terkenal di Jogja adalah nol kilometer Yogyakarta. Selain Kamu bisa menemukan para pelaku seni jalanan yang berkumpul di titik ini. Banyak sekali penjual makanan kecil seperti kacang atau jagung bakar yang mangkal di kawasan Titik 0.

Kalau Kamu hanya ingin sekedar jalan-jalan maka tempat ini sangat cocok. Terlebih lagi Titik 0 biasanya ramai dengan seni tradisional. Kamu juga bisa berfoto dengan orang-orang yang merias diri sebagai Transformers atau juga sebagai superhero. Tempat ini sempat menjadi salah satu wisata malam Jogja hits di medsos.

6. Alun-Alun Kaliurang

kaliurang
source : youtube @arista diansa

Jadi Kamu yang menyukai udara dingin maka tempat ini sangatlah cocok. Jalan Kaliurang selain Kamu bisa menikmati hawa yang sejuk Kamu juga bisa mencicipi manisnya sate kelinci. Selain itu Kamu juga bisa menemukan Rudi dan wedang jahe di alun-alun ini.

ketika Kamu berkunjung disini mungkin Kamu akan banyak melihat pasangan mahasiswa dan mahasiswi yang berkunjung ke alun-alun karena memang tempat ini seringkali menjadi tempat tujuan main para mahasiswa. Bagaimanapun, tempat ini sangat cocok dijadikan salah satu tempat wisata malam Jogja murah tapi meriah.

7. Heha Sky View

heha skyview
source : IG @pitra_firmansyah

Jika Kamu berada di daerah gunung kidul maka Kamu akan bisa berkunjung ke heha Sky View. Memang jaraknya tidak jauh dari Bukit Bintang. Atau mungkin bisa dibilang masih ada di Bukit Bintang. Hal yang membedakan adalah, heha skyview merupakan tempat tersendiri yakni sebuah restoran yang mana memiliki view yang sangat bagus.

Selain Kamu bisa menikmati malam dan indahnya Bukit Bintang Kamu juga dapat memesan makanan yang terjamin rasanya. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 saja. Kalau Kamu datang ke sini sudah tentu kualitas ngobrol bersama teman akan semakin mantap.

8. Alun-Alun Utara

alun alun lor jogja
source : IG @dionysius3112

Alun-alun Utara ini merupakan salah satu alun-alun kota Yogyakarta yang mana tidak jauh berbeda dengan alun-alun kidul. Hanya saja alun-alun Utara terkadang lebih sepi jadi membuat anda dapat menikmati suasana malam dengan lebih tenang. Pilihan untuk pergi ke sini biasanya akan muncul apabila anda hanya pergi berdua bersama pasangan.

Obrolan yang berkualitas sudah dapat dipastikan akan terjadi apabila Kamu berada di tempat seperti ini. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk kabur sebentar dari keramaian kota Jogja yang terkadang bikin pikiran kita jadi keruh. Tempat yang tenang, tapi masih ada penjual yang menjajakan makanan di sekitarnya.

9. Tugu Jogja

tugu jogja
source : IG @alvikry

Tempat yang memang sudah menjadi tujuan wisata malam Jogja kota, adalah tugu. Di sini Kamu dapat berfoto menggunakan background tugu Jogja. Selain akan menambah kualitas dari jepretan Kamu, Kamu juga tak perlu khawatir bahwa akan ada kabel-kabel yang membuat foto Kamu kurang estetik.

Hal itu tentu berkaitan dengan kebijakan pemerintah Jogja yang menghilangkan kabel di sekitar tugu. Jadi bisa dijamin bahwa foto yang akan Kamu buat sungguh akan rapi bersih dari distraksi kabel-kabel listrik. Selain itu Kamu juga bisa mampir ke cafe cafe di sekitaran tugu yang mana memiliki kopi yang cukup enak rasanya.

10. Taman pelangi

wisata jogja taman pelangi
source : IG @tamanpelangijogja

Kalau wisata yang satu ini, Kamu dapat kunjungi ketika sudah gelap atau jam 7 malam. Berada di samping monumen Jogja kembali, taman pelangi itu merupakan tempat yang sangat cocok untuk bermain anak-anak. Tapi kalau Kamu ingin berfoto dan menguploadnya di Instagram juga sama bagusnya.

Background vibrant yang dimiliki oleh lampion-lampion yang ada di sini, akan membuat foto Kamu jadi sangat estetik. Harga tiket masuknya pun tak mahal hanya sekitar Rp15.000 per orang. Jadi kalau Kamu ingin jalan-jalan malam Kamu bisa berkunjung ke taman pelangi.

11. Sindu Kusuma Edupark

sindu kusuma edupark jogja
source : IG @jogjaseni

Kalau tempat yang satu ini merupakan sebuah taman bermain yang mana buka dari siang hari. Lampu-lampu yang menghiasi tempat ini akan membuat suasana menjadi semakin indah pada malam hari. Jika Kamu belum pernah mengunjungi suatu taman bermain di malam hari maka ini adalah salah satu kesempatan Kamu.

bicara soal tiket masuknya kawasan wisata Sindu edupark ini memiliki tiket masuk yang cukup mahal yakni Rp. 100.000. tapi di sini Kamu akan menemukan roller coaster hingga bianglala yang sangat tinggi sekali. jadi Kamu tidak perlu berpikir bahwa tiket itu mahal sebab apa yang Kamu dapat memang layak untuk diberi harga sekian.

12. Paper Moon Puppet

papper moon puppet
source : IG @pappermoonpuppet

Kalau Kamu mau nonton AADC 2 maka Kamu akan sadar ada pertunjukan boneka kertas di sana. Pertunjukan itu sering sekali melakukan pementasan di kota Yogyakarta. untuk harga tiket masuknya tentu tidak sama setiap pementasan terkadang berubah-ubah dan tidak mesti.

Apabila Kamu cukup beruntung Kamu akan menemukan pantes papermoon puppet theater di Yogyakarta saat Kamu berlibur. Untuk lebih detailnya silahkan follow langsung Instagram dari papermoon puppet theater.

13. Sekaten

sekaten
source : youtube @bocahmoto_

Salah satu event paling ditunggu ketika malam hari di Jogja adalah sekaten. Namun sekarang ini hanya berjalan selama 30 hari dalam satu tahun. Pagelaran ini diadakan ketika mendekati hari kelahiran nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Kamu dapat menemukan berbagai macam jajanan dan juga pakaian disini.

Acara sekaten ini memang menarik banyak sekali wisatawan dari luar daerah Jogja untuk berkunjung. Tentu saja kalau Kamu datang ke Jogja bertepatan dengan saat singkatan berlangsung maka Kamu harus mengunjungi acara sekaten. Acara sekaten biasanya dibuka pukul 6 pagi dan juga ditutup pukul 12 malam.

Lokasi yang digunakan adalah alun-alun Utara Yogyakarta, Kamu tidak akan ditarik tiket masuk di sini tapi setiap wahana yang ingin Kamu naiki Kamu harus membayar untuk bisa naik wahana tersebut. sekali Kamu mencoba untuk datang tahun depan nya Kamu pasti akan menyempatkan diri untuk datang lagi ke sekaten.

14. Pasar Kangen

pasar kangen
source : youtube @kokobuncit

Sebenarnya ini merupakan salah satu acara yang digelar di taman budaya Jogja. Selain menjual barang-barang kenangan Kamu juga dapat menemukan jajanan tradisional yang lawas dan susah ditemui seperti cenil dan juga Gatot di sini. Tapi ada satu hal yang tidak bisa ditemukan di pasar kangen.

Hal tersebut adalah mantan. Bagaimana bisa pasar kangen kok nggak jual mantan? Mengambil lokasi di taman budaya Yogyakarta, tiket masuknya gratis namun biasanya acara pasar kangen hanya berlangsung satu kali setahun. Jadi pastikan, datang kalau ada waktu untuk berkunjung kesana.

Masuk tiket masuk untuk menuju ke pasar kangen adalah gratis. Mungkin Kamu hanya akan ditarik parkir sebesar Rp4.000. yang jelas Kamu akan menemukan banyak makanan dan sekaligus pentas seni budaya yang mana akan manggung pada acara pasar kangen ini.

15. FKY

FKY jogja
source : IG @fky28jogjakota

Fky atau biasa dikenal sebagai peristiwa kesenian Yogyakarta, memang merupakan magnet bagi para wisatawan. Salah satu hal yang membuatnya terkenal adalah pentas seni tari dan seni ketoprak yang disajikan pada tanggal-tanggal tertentu.

Fky biasanya menggandeng para anak muda dan mahasiswa untuk ikut berjualan di fly. Tiket masuk menuju ke area fky juga gratis. tapi sayangnya lokasinya sering berubah hingga Kamu susah menentukannya kalau tidak sedang berlangsung acaranya.

Tapi yang jelas fky ini merupakan salah satu event tertua di Yogyakarta yang mana masih hidup hingga saat ini. Jangan sampai Kamu melewatkan festival kesenian ini karena Kamu bisa rugi dan harus menunggunya tahun depan.

16. Sendratari Ramayana

wisata malam joga ramayana prambanan
source : IG @ramayanaprambanan

Kalau kau memang seorang penggila seni, makanan wajib namanya Kamu berkunjung ke sendratari Ramayana yang berlangsung di Prambanan. Di sana Kamu hanya akan perlu membayar Rp 125.000 untuk melihat sendratari Ramayana yang disajikan oleh para penari profesional.

Selain memiliki cerita penuh makna, acara ini juga sudah mulai dikenal di dunia internasional dan banyak sekali didatangi oleh wisatawan asing ketika acara ini dimulai. Sendratari Ramayana akan mulai pukul 7 malam dan selesai pukul 9 malam.

17. Prawirotaman

playon prawirotaman jogja
source : IG @playon.jogja

Disini merupakan salah satu kampung bule yang bisa Kamu kunjungi. Pada malam hari biasanya Prawirotaman akan sangat ramai oleh wisatawan asing dan juga wisatawan lokal. Kalau Kamu suka suasana luar negeri seperti Bali maka tempat ini sangat cocok untukmu.

Salah satu daya tariknya tentu nuansa barat yang sangat begitu kental disini. Bahkan rasa-rasanya Kamu tidak sedang berada di Yogyakarta tapi berada di luar negeri. Selain itu makanan yang dijual di sini kebanyakan adalah tipe western atau ke barat-baratan.

18. Hutan Pinus Pengger

wisata malam jogja hutan pinus pengger
source : IG @eri_eryanto23

kalau Kamu suka berfoto-foto maka tempat ini sangat cocok untukmu. Selain Kamu bisa berfoto dengan background hasil kerajinan tangan para seniman, Kamu juga akan dapat melihat bagaimana kreatifnya seniman Kota Yogya. Bertempat di jalan Wonosari, Kamu hanya perlu membayar Rp. 15.000 per orang untuk bisa menikmati karya seni ini.

Yang jelas setiap fotomu akan semakin membuat mata menganga dikarenakan keindahan dari benda-benda seni itu. Tentu saja jelas bukan karena wajahmu yang menawan jadi jangan GR! harga tersebut tergolong murah mengingat Kamu akan mendapatkan fasilitas seperti gazebo dan spot foto yang tak terbatas.

19. Taman Lampion Kaliurang

wisata malam joga taman lampion kaliurang
source : IG @sijejen

Salah satu taman yang perlu Kamu kunjungi juga pada malam hari adalah taman lampion Kaliurang. walaupun tidak setiap hari dilaksanakan taman lampion ini biasanya akan sangat ramai ketika mulai diadakan oleh Para pengembang taman pelangi. Tentu saja lampion dan pelangi akan berbeda.

Pada festival taman lampion ini setiap pengunjung akan wajib membayar Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 setiap orangnya. Tapi nuansa yang Kamu dapat untuk melihat berjuta lampion menggantung di langit itu akan sangat mahal rasanya.

Taman lampion ini termasuk wisata malam Jogja anti mainstream. sebab tidak semua tempat di dunia ini punya acara lampion atau taman lampion. maka dari itu jika Kamu punya kesempatan untuk mendatangi festival lampion ini Kamu harus datang untuk melihat bagaimana indahnya lampion terbang di langit Kaliurang.

20. Angkringan KR

angkringan KR jogja
source : youtube @deyeayu

Kalau dibilang warung ya memang warung tapi kalau dibilang objek wisata juga bisa dibilang demikian. Angkringan KR merupakan salah satu angkringan yang paling terkenal di Jogja. Meski menawarkan makanan yang unik seperti risol mayo dan beberapa makanan lainnya, angkringan KR tetap menghadirkan makanan tradisional serta wedang jahe sebagai salah satu minuman.

Harga yang ditawarkan juga standar sama saja dengan angkringan lainnya. Lokasinya ada di depan gedung kantor kedaulatan rakyat Yogyakarta. Disana ketika malam hari tiba Anda akan menemukan sebuah angkringan yang sangat eye catchy.

Masih Ada Banyak Lagi

pintu langit dharmo
source : IG @kipasairjogja

Kalau Kamu benar-benar mencari wisata malam jogja. Tentu Kamu akan dapat menemukan lebih banyak lagi. Contohnya ada:

  1. Pintu langit dahromo
  2. Gudeg Pawon
  3. Abhayagiri
  4. House of Raminten Kaliurang
  5. Villa Kaliurang
  6. Camp di Pantai Gunung Kidul.

Ada banyak sekali tempat untuk berwisata di Jogja, apalagi jika Kamu menginginkannya pada malam hari. akan tetapi anda perlu mempertimbangkan dimana anda akan menginap atau pun pulang setelah selesai berwisata malam. sangat direkomendasikan untuk memilih objek wisata malam yakni objek yang dekat dengan tempat anda tinggal.

Yang dimaksud tinggal di sini berarti tempat anda menginap atau bermalam. Jika jaraknya terlalu jauh, maka akan sangat beresiko mengingat udara sedang dingin dan sering hujan. Maka dari itu direkomendasikan bagi anda untuk tetap mengutamakan kesehatan dan juga mencari hotel yang berdekatan dengan objek wisata Malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *